Cara Membuat Turbin Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat turbin sederhana. Turbin sederhana adalah salah satu perangkat yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber energi, terutama untuk menggerakkan generator listrik. Dalam artikel ini, kita akan memberikan langkah-langkah cara membuat turbin sederhana dengan mudah. Simak ulasan berikut ini.

1. Pengertian Turbin Sederhana

Sebelum kita membahas tentang cara membuat turbin sederhana, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu turbin sederhana. Turbin sederhana adalah salah satu jenis turbin yang paling sering digunakan untuk pembangkit listrik skala kecil atau rumahan. Turbin ini memiliki bentuk yang sederhana, namun mampu menghasilkan energi yang cukup besar.

Sekarang, kita akan membahas tentang langkah-langkah cara membuat turbin sederhana. Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan:

1. Membuat Baling-Baling

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat baling-baling. Baling-baling ini berfungsi sebagai penghasil energi yang akan menggerakkan generator. Berikut adalah langkah-langkah membuat baling-baling:

Langkah
Uraian
1
Pilih bahan yang akan digunakan untuk membuat baling-baling. Bahan yang umum digunakan adalah kayu atau kardus.
2
Buatlah pola lingkaran dengan menggunakan pensil di atas bahan yang telah dipilih. Ukuran lingkaran tergantung dari besar kecilnya turbin yang akan kita buat.
3
Gunting lingkaran yang sudah kita buat dengan menggunakan gunting atau pisau cutter. Ingat, guntinglah dengan hati-hati sehingga kita tidak melukai tangan kita sendiri.
4
Buatlah lubang kecil di tengah-tengah baling-baling untuk memasukkan sumbu turbin. Pastikan agar sumbu turbin muat di dalam lubang tersebut.
5
Jika kita menggunakan kayu sebagai bahan, kita dapat mengecat baling-baling tersebut dengan warna apa pun yang kita suka. Namun, jika kita menggunakan kardus, maka kita tidak perlu mengecatnya.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Proyektor Sederhana dan Murah

Setelah baling-baling selesai dibuat, selanjutnya kita akan membuat sumbu turbin.

2. Membuat Sumbu Turbin

Sumbu turbin berfungsi sebagai penghubung antara baling-baling dengan generator. Berikut adalah langkah-langkah membuat sumbu turbin:

Langkah
Uraian
1
Pilih bahan yang akan kita gunakan sebagai sumbu turbin. Bahan yang paling umum digunakan adalah besi atau kayu.
2
Gunakan mesin bor untuk membentuk lubang di tengah-tengah sumbu turbin. Pastikan agar lubang tersebut sesuai dengan ukuran lubang pada baling-baling.
3
Pasang baling-baling pada sumbu turbin dan pastikan agar baling-baling dapat berputar dengan leluasa.
4
Pasang bearing di ujung sumbu turbin untuk mencegah adanya gesekan antara sumbu turbin dan dudukan generator.

Setelah sumbu turbin selesai dibuat, selanjutnya kita akan membuat dudukan generator.

3. Membuat Dudukan Generator

Dudukan generator berfungsi untuk menopang generator agar tetap stabil dan tidak mudah tergelincir. Berikut adalah langkah-langkah membuat dudukan generator:

Langkah
Uraian
1
Pilih bahan yang akan kita gunakan sebagai dudukan generator. Bahan yang paling umum digunakan adalah kayu atau besi.
2
Buatlah rangkaian persegi panjang dengan menggunakan bahan yang telah kita pilih. Ukuran dudukan menyesuaikan dengan ukuran generator yang kita gunakan.
3
Pasang bearing di dalam dudukan agar generator dapat berputar dengan leluasa.
4
Pasang generator pada dudukan dengan menggunakan mur dan baut.
5
Pasang belt di antara sumbu turbin dan dudukan generator untuk mentransmisikan energi dari baling-baling ke generator.

2. Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah cara membuat turbin sederhana. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kita dapat menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat turbin sederhana di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Mixer

FAQ

1. Apa itu turbin sederhana?

Turbin sederhana adalah salah satu jenis turbin yang paling sering digunakan untuk pembangkit listrik skala kecil atau rumahan.

2. Bahan apa yang dibutuhkan untuk membuat turbin sederhana?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat turbin sederhana antara lain kayu atau kardus (untuk baling-baling), besi atau kayu (untuk sumbu turbin), dan kayu atau besi (untuk dudukan generator).

3. Apa fungsi baling-baling dan sumbu turbin?

Baling-baling berfungsi sebagai penghasil energi yang akan menggerakkan generator, sedangkan sumbu turbin berfungsi sebagai penghubung antara baling-baling dengan generator.

4. Apa fungsi dudukan generator?

Dudukan generator berfungsi untuk menopang generator agar tetap stabil dan tidak mudah tergelincir.

5. Bagaimana cara menghasilkan energi listrik dari turbin sederhana?

Untuk menghasilkan energi listrik dari turbin sederhana, kita perlu mentransmisikan energi dari baling-baling ke generator dengan menggunakan belt. Generator akan menghasilkan energi listrik yang dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Turbin Sederhana

https://youtube.com/watch?v=2cG6tEtmBsU