Cara Membuat Tteokbokki Sederhana Ala Indonesia

Halo sobat sederhana, kali ini kita akan membuat tteokbokki sederhana ala Indonesia. Tteokbokki adalah makanan khas Korea yang terbuat dari beras ketan yang dipotong-potong dan dimasak dengan saus pedas. Meskipun beras ketan bukan bahan makanan utama di Indonesia, tapi kamu masih bisa membuat tteokbokki yang enak dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memasak tteokbokki, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
100 gram
Bawang putih, cincang halus
3 siung
Saus tomat
2 sendok makan
Saus sambal
2 sendok makan
Kecap manis
1 sendok makan
Gula pasir
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Air
300 ml
Tepung beras ketan
200 gram
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Campurkan Tepung Terigu dengan Bawang Putih

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dengan bawang putih yang sudah dicincang halus. Aduk rata dan tambahkan sedikit air sampai membentuk adonan kental yang bisa dicetak. Setelah itu, cetak adonan menjadi lonjong dengan panjang sekitar 5 cm.

2. Rebus Tteok

Setelah tteok siap, rebus dalam air mendidih selama sekitar 5-7 menit atau sampai tteok mengapung. Tiriskan dan sisihkan.

3. Siapkan Saus Tteokbokki

Untuk saus tteokbokki, campurkan saus tomat, saus sambal, kecap manis, gula pasir, dan garam dalam wajan. Aduk rata dan masak dengan api sedang sampai semua bahan tercampur sempurna.

4. Tambahkan Air

Setelah semua bahan tercampur, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk terus sampai bahan-bahan menjadi saus yang kental. Masak saus dalam wajan dengan api sedang sampai mendidih.

5. Masukkan Tteok

Setelah saus mendidih, masukkan tteok ke dalam wajan dan aduk rata. Masak dengan api sedang sampai tteok terendam saus dan saus menyusut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Parutan Kelapa Sederhana untuk Sobat Sederhana

6. Tambahkan Minyak Goreng

Terakhir, tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan dan aduk rata. Matikan api dan sajikan tteokbokki dalam mangkuk atau piring saji.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah beras ketan bisa diganti dengan beras biasa?

Tidak disarankan. Tteokbokki terbuat dari beras ketan yang memberikan tekstur kenyal yang khas. Jika diganti dengan beras biasa, hasilnya tidak akan sama.

2. Bagaimana jika tidak suka dengan saus pedas?

Kamu bisa mengurangi jumlah saus sambal atau bahkan tidak menggunakan saus sambal sama sekali. Namun, tteokbokki yang enak seharusnya memiliki rasa pedas yang sedikit menggigit.

3. Apakah tteokbokki bisa disimpan dalam lemari es?

Tidak disarankan. Tteokbokki sebaiknya dimakan segera setelah dimasak karena tekstur tteok akan menjadi keras jika disimpan terlalu lama.

4. Apakah bahan-bahan untuk membuat tteokbokki sulit didapatkan?

Tidak sulit. Kebanyakan bahan bisa kamu dapatkan di supermarket atau minimarket terdekat. Jika tidak, kamu bisa mencari alternatif bahan yang hampir sama.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Tteokbokki Sederhana Ala Indonesia