Cara Membuat Treker Magnet Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu ingin membuat alat yang dapat membantu kamu melakukan eksperimen atau penelitian? Jika iya, kamu bisa mencoba membuat treker magnet sederhana sendiri. Treker magnet adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur kekuatan magnet pada suatu benda. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat treker magnet sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat treker magnet, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut ini daftar alat dan bahan yang perlu kamu siapkan:

Alat
Bahan
1. Tang potong
1. Cincin besi
2. Tang bentuk
2. Kawat tembaga berdiameter 0,8 mm
3. Obeng (+) dan (-)
3. Baterai 9 Volt
4. Pinset
4. Kepingan kayu tipis
5. Double tape

Setelah semua alat dan bahan tersedia, maka kamu sudah siap untuk mulai membuat treker magnet sederhana.

2. Cara Membuat Treker Magnet Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat treker magnet sederhana:

Langkah 1

Pertama-tama, siapkan kawat tembaga berdiameter 0,8 mm sepanjang 1 meter dan potong menjadi 2 bagian yang sama panjangnya.

Langkah 2

Setelah itu, potong cincin besi dengan tang potong sehingga cincin besi terbelah menjadi 2 bagian. Pastikan kedua bagian cincin besi masih berbentuk bulat.

Langkah 3

Setelah itu, ambil selembar kepingan kayu tipis dan letakkan cincin besi pada salah satu sisi kayu tersebut. Kemudian tempelkan dengan double tape di pinggir cincin besi hingga cincin besi tidak bergerak saat dipegang.

Langkah 4

Selanjutnya, letakkan kedua kawat tembaga di atas kayu tersebut dengan jarak sekitar 1 cm antara kawat tembaga satu dengan lainnya. Letakkan ujung kawat tembaga satu pada satu sisi kayu dan ujung kawat tembaga satunya pada sisi kayu yang lain.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Pupuk Cair dari Limbah Sayur secara Sederhana

Langkah 5

Kemudian, potong cincin besi kecil-kecil dengan menggunakan tang bentuk. Setelah itu, letakkan cincin besi-besi kecil tersebut di atas kedua kawat tembaga. Letakkan cincin besi-besi kecil menjadi rata pada kawat tembaga.

Langkah 6

Setelah semua bahan tersusun, sambungkan kawat tembaga pada baterai 9 Volt dengan menggunakan pinset. Satu ujung kawat tembaga dihubungkan pada kabel positif baterai dan ujung kawat tembaga satunya dihubungkan pada kabel negatif baterai. Pastikan kedua ujung kawat tembaga menempel pada kabel baterai dengan baik.

3. Tips Penggunaan Treker Magnet Sederhana

Setelah treker magnet sederhana berhasil kamu buat, ada beberapa tips penggunaan yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah tips penggunaan treker magnet sederhana:

Tip 1

Jangan sentuh dan pegang kawat tembaga saat treker magnet sederhana dalam keadaan menyala. Hal ini dapat membuat hasil pengukuran tidak akurat dan dapat membahayakan diri kamu sendiri.

Tip 2

Gunakan treker magnet sederhana di tempat yang tidak memiliki medan magnetik yang besar, seperti dekat dengan speaker atau magnet besar lainnya. Medan magnet yang besar dapat mempengaruhi hasil pengukuran.

Tip 3

Pastikan tidak ada metal yang terletak di antara kedua kawat tembaga saat treker magnet sederhana dalam keadaan menyala. Hal ini juga dapat membuat hasil pengukuran tidak akurat.

4. FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa itu treker magnet?

Treker magnet adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur kekuatan magnet pada suatu benda.

2. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat treker magnet sederhana?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat treker magnet sederhana antara lain kawat tembaga, cincin besi, kepingan kayu tipis, double tape, dan baterai 9 Volt.

3. Apa saja tips penggunaan treker magnet sederhana?

Tips penggunaan treker magnet sederhana antara lain jangan sentuh dan pegang kawat tembaga saat treker magnet sederhana dalam keadaan menyala, gunakan treker magnet sederhana di tempat yang tidak memiliki medan magnetik yang besar, dan pastikan tidak ada metal yang terletak di antara kedua kawat tembaga saat treker magnet sederhana dalam keadaan menyala.

TRENDING 🔥  Cara Buat ERB Profil Sederhana

5. Kesimpulan

Setelah mempelajari cara membuat treker magnet sederhana dan tips penggunaannya, kamu dapat membuat alat tersebut sendiri di rumah dengan mudah. Treker magnet sederhana ini dapat membantu kamu melakukan eksperimen atau penelitian mengenai magnet. Namun, pastikan selalu berhati-hati saat menggunakan alat ini agar tidak membahayakan diri kamu sendiri.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Treker Magnet Sederhana