Cara Membuat Tongseng Kambing Sederhana Tanpa Santan

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat tongseng kambing sederhana tanpa santan yang enak dan mudah dibuat di rumah. Tongseng adalah salah satu masakan khas Indonesia yang terbuat dari daging kambing atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas. Biasanya, tongseng disajikan dengan nasi dan lalapan. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak, pastikan semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan siap digunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Daging kambing
500 gram
Air
1 liter
Daun salam
2 lembar
Serai
1 batang
Jahe
1 ruas jari
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Tomat
2 buah
Gula merah
50 gram
Garam
secukupnya
Lada
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah Memasak

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat tongseng kambing sederhana tanpa santan:

1. Membersihkan Daging Kambing

Bersihkan daging kambing dari lemak-lemak yang masih menempel. Kemudian, potong daging kambing menjadi ukuran kecil sesuai selera.

2. Membuat Bumbu Halus

Iris bawang merah, bawang putih, jahe, dan tomat. Kemudian, haluskan semua bahan menggunakan blender atau ulekan.

3. Menumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan daun salam, serai, dan potongan daging kambing. Aduk rata dan biarkan sebentar hingga daging berubah warna.

4. Menambahkan Gula Merah dan Tomat

Tambahkan potongan gula merah dan juga tomat yang sudah dipotong ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sebentar hingga gula merah larut dan tomat agak layu.

5. Menambahkan Air

Tuangkan air ke dalam wajan hingga menutupi daging kambing. Aduk rata dan masak dengan api sedang hingga kuah menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging kambing. Jangan lupa untuk sesekali diaduk agar tidak gosong.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghilangkan Kadar Garam pada Air

6. Mengatur Rasa

Tambahkan garam dan lada secukupnya untuk mengatur rasa. Aduk rata dan cicipi. Jika sudah pas, angkat dan hidangkan dengan nasi dan lalapan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Tongseng Kambing Bisa Dibuat Tanpa Santan?

Tentu saja bisa. Tongseng kambing bisa dibuat tanpa santan dengan mengganti santan dengan air. Hasilnya tetap enak dan lezat.

2. Apakah Bisa Menggunakan Daging Sapi?

Tentu saja bisa. Tongseng juga bisa dibuat dengan menggunakan daging sapi. Namun, sebaiknya gunakan daging yang berlemak agar hasilnya lebih lezat.

3. Apakah Bisa Menggunakan Bahan Lain Selain Kambing?

Tentu saja bisa. Selain kambing atau sapi, tongseng juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan lain seperti ayam atau bebek. Namun, bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

4. Apakah Tongseng Kambing Sulit Dibuat?

Tidak sulit. Tongseng kambing sangat mudah dibuat dan tidak memerlukan waktu yang lama. Bahkan, tongseng kambing bisa menjadi menu andalan di rumah karena mudah dibuat dan enak.

5. Apakah Bisa Menambahkan Sayuran ke dalam Tongseng Kambing?

Tentu saja bisa. Untuk membuat tongseng kambing lebih sehat, bisa menambahkan sayuran seperti wortel, kentang, atau buncis. Potong sayuran kecil-kecil dan masukkan ke dalam wajan bersama dengan bumbu halus.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Tongseng Kambing Sederhana Tanpa Santan