Cara Membuat Timbangan Gram Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat timbangan gram sederhana. Timbangan gram sederhana ini sangat cocok digunakan untuk keperluan rumah tangga ataupun keperluan bisnis kecil. Selain murah, timbangan ini juga mudah dibuat dengan bahan yang mudah didapatkan. Yuk, simak langkah-langkah cara membuat timbangan gram sederhana di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan timbangan gram sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Amplop kertas
2 lembar
Biji kacang hijau
50 gram
Benang nilon
1 meter
Paku
2 buah

Dengan bahan-bahan tersebut, Sobat Sederhana sudah bisa memulai pembuatan timbangan gram sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Timbangan Gram Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat timbangan gram sederhana:

1. Buat penyangga timbangan

Siapkan amplop kertas lalu gulung dan rekatkan dengan paku sehingga menjadi seperti penyangga seperti gambar di bawah ini:

Setelah itu, letakkan penyangga tersebut di atas permukaan datar dan rata.

2. Buat timbangan dari biji kacang hijau

Siapkan amplop kertas yang lain, lalu masukkan biji kacang hijau sebanyak 50 gram ke dalamnya. Kemudian, lipat dua amplop tersebut dan rekatkan dengan paku seperti gambar di bawah ini:

Setelah itu, letakkan timbangan tersebut di atas penyangga yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Buat tali pengait timbangan

Siapkan benang nilon sepanjang 1 meter, kemudian ikatkan pada ujung timbangan dengan simpul mati. Setelah itu, ikatkan ujung benang nilon yang lain pada benda yang bisa dijadikan sebagai penyangga pengait.

4. Tes timbangan

Setelah semua tahapan di atas selesai, Sobat Sederhana sudah bisa mencoba timbangan gram sederhana yang sudah dibuat. Letakkan benda yang akan ditimbang di bagian tengah amplop kertas yang berisi biji kacang hijau, kemudian angkat timbangan menggunakan tali pengait yang sudah dibuat tadi. Perhatikan hasil timbangan yang didapat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ruang Kedap Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah timbangan gram sederhana ini akurat?

Timbangan gram sederhana ini mungkin tidak terlalu akurat, namun bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga ataupun bisnis kecil yang tidak memerlukan tingkat akurasi yang tinggi.

2. Apakah biji kacang hijau bisa diganti dengan bahan lain?

Ya, bahan timbangan gram sederhana ini bisa diganti dengan bahan lain seperti gula pasir atau beras. Namun, perlu diingat bahwa hasil timbangan yang didapat bisa berbeda dengan menggunakan bahan yang berbeda.

3. Apakah benang nilon bisa diganti dengan bahan lain?

Ya, benang nilon bisa diganti dengan bahan lain seperti benang rajut atau tali raffia. Namun, perlu dipilih bahan yang memiliki daya tahan tinggi agar timbangan tidak mudah rusak.

Penutup

Itulah tadi cara membuat timbangan gram sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba sendiri di rumah. Menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan dengan langkah-langkah yang mudah diikuti, timbangan gram sederhana ini bisa menjadi solusi untuk keperluan timbangan rumah tangga ataupun keperluan bisnis kecil. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Timbangan Gram Sederhana