Cara Membuat Termos Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka minum teh atau kopi hangat saat cuaca dingin? Namun, terkadang keadaan membuat kita sulit menemukan tempat minum yang menyediakan minuman panas yang kita sukai. Solusinya adalah membawa termos. Namun, terkadang termos di pasaran memiliki harga yang mahal. Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan memberikan cara membuat termos sederhana dengan harga yang terjangkau. Yuk, simak selengkapnya!

1. Siapkan Bahan dan Alat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat termos sederhana. Bahan yang diperlukan antara lain botol plastik bekas, busa tebal, lakban alumunium, selotip, dan kain flanel. Alat yang dibutuhkan adalah gunting, penggaris, dan lem.

1.1 Botol Plastik Bekas

Pilih botol plastik bekas dengan ukuran 1 liter atau lebih. Botol bekas yang sudah tidak terpakai bisa kamu gunakan untuk membuat termos sederhana ini. Pastikan botol bekas tersebut dalam keadaan bersih dan bebas dari bau.

1.2 Busa Tebal

Busa tebal digunakan untuk melapisi botol plastik bekas dan menjaga suhu minuman tetap hangat. Busa tebal bisa kamu dapatkan di toko-toko perkakas atau bahan bangunan dengan harga yang terjangkau.

1.3 Lakban Alumunium

Lakban alumunium digunakan untuk melapisi busa tebal dan menjaga suhu minuman tetap hangat. Lakban ini juga bisa kamu dapatkan di toko-toko perkakas dengan harga yang terjangkau.

1.4 Selotip

Selotip digunakan untuk merekatkan busa tebal dan lakban alumunium pada botol plastik bekas. Kamu bisa menggunakan selotip yang biasa kamu gunakan sehari-hari.

1.5 Kain Flanel

Kain flanel digunakan sebagai bahan pelapis pada bagian luar termos agar terlihat lebih menarik. Kamu bisa memilih kain flanel dengan warna dan motif yang kamu sukai.

TRENDING 🔥  Cara Penyederhanaan Pecahan Campuran

2. Langkah-Langkah Membuat Termos Sederhana

Setelah bahan dan alat sudah siap, kamu bisa mulai membuat termos sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

2.1 Memotong Busa Tebal

Pertama-tama, kamu harus memotong busa tebal sesuai dengan ukuran botol plastik bekas. Gunakan penggaris untuk memastikan ukuran busa tebal yang akan dipotong sesuai dengan ukuran botol plastik bekas. Kemudian, potong busa tebal menggunakan gunting.

2.2 Melapisi Botol Plastik Bekas dengan Busa Tebal

Setelah busa tebal sudah dipotong sesuai dengan ukuran botol plastik bekas, kamu bisa mulai melapisi botol plastik bekas dengan busa tebal. Tempelkan busa tebal menggunakan lem pada bagian dalam botol plastik bekas.

2.3 Melapisi Busa Tebal dengan Lakban Alumunium

Setelah busa tebal menempel pada bagian dalam botol plastik bekas, kamu bisa melapisi busa tebal dengan lakban alumunium. Pastikan permukaan lakban alumunium rata dan tidak ada celah agar suhu minuman tetap hangat.

2.4 Merekatkan Selotip pada Lakban Alumunium

Merekatkan selotip pada bagian atas dan bawah lakban alumunium. Selotip ini digunakan sebagai pengunci atau pengait antara busa tebal dan lakban alumunium.

2.5 Melapisi Bagian Luar Termos dengan Kain Flanel

Setelah bagian dalam termos selesai, kamu bisa melapisi bagian luar termos dengan kain flanel. Caranya, potong kain flanel sesuai dengan ukuran botol plastik bekas. Kemudian tempelkan kain flanel pada bagian luar botol plastik bekas menggunakan lem.

3. FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah termos sederhana ini aman digunakan?
Termos sederhana yang dibuat dengan tepat dan menggunakan bahan yang aman tentu saja aman digunakan. Pastikan menggunakan bahan yang aman dan proses pembuatannya benar.
Berapa lama suhu minuman bisa bertahan dalam termos sederhana?
Suhu minuman dalam termos sederhana bisa bertahan dalam beberapa jam tergantung dari suhu awal minuman dan suhu lingkungan.
Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat termos sederhana?
Biaya yang diperlukan untuk membuat termos sederhana tergantung dari harga bahan dan alat yang digunakan. Namun, secara keseluruhan biaya yang diperlukan cukup terjangkau.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Capcay Kuah Kental Sederhana

4. Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat termos sederhana dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mencobanya di rumah dan membawa minuman kesukaanmu kemanapun kamu pergi. Selain itu, kamu juga bisa menghemat pengeluaranmu daripada membeli termos dengan harga yang mahal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Termos Sederhana