Cara Membuat Teriyaki Sederhana

Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan masakan Jepang yang satu ini? Teriyaki adalah salah satu masakan yang terkenal dari Jepang yang sudah dikenal di seluruh dunia. Teriyaki dikenal dengan rasa manis dan gurih serta aroma harum dari kecap dan bawang putih.

Apa itu Teriyaki?

Teriyaki adalah salah satu masakan populer di Jepang yang terbuat dari ayam atau ikan yang dimasak dengan sempurna dengan bahan-bahan makanan seperti kecap, gula, jahe dan lainnya. Teriyaki bisa disajikan dalam bentuk saus atau direndam dengan bahan bumbu teriyaki sebelum dimasak.

Biasanya, teriyaki disajikan dengan nasi putih dan sayuran segar seperti brokoli, kacang polong dan wortel. Teriyaki juga sangat fleksibel dan bisa dibuat dengan berbagai jenis daging seperti ayam, daging sapi, ikan, dan bahkan tahu.

Resep Membuat Teriyaki Sederhana

Berikut adalah resep cara membuat teriyaki sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan
Jumlah
Ayam
500 gram
Kecap
4 sendok makan
Garam
1 sendok teh
Lada hitam
1/4 sendok teh
Gula pasir
3 sendok makan
Bawang putih
3 siung
Jahe
1 ruas jari
Air
1 1/2 gelas
Minyak sayur
secukupnya

Langkah 1: Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan semua bahan untuk membuat teriyaki sederhana ini. Pastikan semua bahan sudah terukur dengan benar dan siap untuk digunakan.

Langkah 2: Campurkan Bahan-Bahan Teriyaki

Selanjutnya, Sobat Sederhana bisa mencampurkan kecap, garam, lada hitam, gula pasir, bawang putih, jahe, dan air dalam satu wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Langkah 3: Masak Ayam

Setelah bahan-bahan teriyaki sudah siap, Sobat Sederhana bisa memasak ayam yang sudah dipotong-potong dengan cara digoreng atau dipanggang terlebih dahulu. Setelah ayam matang, masukkan ayam ke dalam wajan yang berisi bumbu teriyaki.

TRENDING 🔥  Materi Cara Membuat Termometer Sederhana

Langkah 4: Masak Bumbu Teriyaki dan Ayam

Setelah ayam dimasak dengan bumbu teriyaki, Sobat Sederhana bisa memasak bumbu dan ayam selama beberapa menit hingga bumbu meresap dan ayam menjadi berwarna coklat kehitaman. Jangan lupa untuk terus aduk agar semuanya tercampur dengan baik.

Langkah 5: Sajikan

Terakhir, Sobat Sederhana tinggal menyajikan teriyaki di atas nasi putih dan sayuran segar. Teriyaki sederhana siap disantap!

Tips untuk Membuat Teriyaki Sederhana

Membuat teriyaki mungkin terlihat mudah, tetapi ada beberapa tips yang bisa Sobat Sederhana lakukan agar teriyaki buatanmu menjadi lebih enak.

Pilih Daging yang Baik

Pilih daging yang segar dan berkualitas. Ayam yang bagus akan membuat teriyakimu menjadi lebih terasa enak.

Jangan Lupa untuk Mencampurkan Bumbu Teriyaki dengan Baik

Setelah mencampurkan semua bahan, pastikan semua bahan tercampur dengan baik, sehingga rasa teriyaki menjadi merata dan enak.

Jangan Terlalu Lama Memasak Ayam

Jangan terlalu lama memasak ayam, sebab ayam bisa cepat kering dan tidak lezat.

Goreng atau Panggang Ayam terlebih Dahulu

Sobat Sederhana bisa memanggang atau menggoreng ayam terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu teriyaki. Hal ini akan membuat ayam lebih enak dan matang sempurna ketika dimasak dengan bumbu teriyaki.

Larutkan Gula Pasir dalam Air

Sebelum membuat teriyaki, Sobat Sederhana bisa melarutkan gula pasir dalam air terlebih dahulu. Hal ini akan membantu agar gula lebih mudah larut dan membuat bumbu teriyaki menjadi lebih enak.

FAQ

Apa yang Dimaksud Teriyaki?

Teriyaki adalah salah satu masakan populer di Jepang yang terbuat dari ayam atau ikan yang dimasak dengan sempurna dengan bahan-bahan makanan seperti kecap, gula, jahe dan lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Apa yang Membuat Teriyaki Sederhana?

Bahan-bahan utama teriyaki sederhana adalah ayam, kecap, gula, jahe, bawang putih dan air.

Bagaimana Cara Memasak Teriyaki Sederhana?

Cara memasak teriyaki sederhana adalah dengan memasak ayam terlebih dahulu, lalu menambahkan bumbu teriyaki dan memasak semuanya hingga bumbu meresap dan ayam menjadi sedikit kecoklatan.

Bisakah Teriyaki Dibikin dengan Daging Sapi?

Tentu saja, selain ayam dan ikan, teriyaki juga bisa dibuat dengan daging sapi, tahu, dan lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Teriyaki Tanpa Kecap?

Untuk membuat teriyaki tanpa kecap sebenarnya cukup sulit, karena kecap adalah salah satu bahan utama dari teriyaki. Namun, kamu bisa mencoba mengganti kecap dengan saus tiram.

Kesimpulan

Sobat Sederhana, itulah resep cara membuat teriyaki sederhana yang bisa dicoba di rumah. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan dengan benar dan ikuti langkah-langkahnya dengan seksama. Dengan begitu, teriyaki buatanmu akan menjadi enak dan lezat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Teriyaki Sederhana