Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana di Rumah

Hello sobat sederhana, apakah kalian suka dengan kue terang bulan? Jika iya, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kali ini, kami akan memberikan tips cara membuat terang bulan mini sederhana di rumah dengan bahan dan alat yang mudah didapatkan. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat terang bulan mini, pastikan kalian menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu protein sedang
150 gram
Gula pasir
50 gram
Ragi instan
1/2 sendok teh
Susu bubuk
1/2 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Air hangat
200 ml
Telur
1 butir
Pasta coklat
1 sendok makan
Keju parut
Secukupnya

Alat yang Dibutuhkan

Untuk membuat terang bulan mini sederhana di rumah, kalian perlu menyiapkan beberapa alat berikut:

  • Wadah untuk adonan
  • Sendok takar
  • Mangkuk
  • Whisker atau sendok
  • Wajan datar anti lengket
  • Loyang mini
  • Lilin roti (optional)

Langkah-Langkah

1. Campur Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula, ragi instan, susu bubuk, dan garam ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk rata dengan whisker atau sendok.

2. Tambahkan Air dan Telur

Tuangkan air hangat sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil diuleni. Kemudian tambahkan telur ke dalam adonan dan uleni lagi hingga kalis. Biarkan adonan mengembang selama 30 menit.

3. Bagi Adonan

Setelah adonan mengembang, bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian dicampur dengan pasta coklat dan satu bagian lagi dibiarkan putih.

4. Panaskan Wajan dan Loyang

Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil. Kemudian olesi loyang mini dengan sedikit minyak atau mentega.

5. Masak Terang Bulan

Ambil satu sendok adonan yang sudah diberi pasta coklat dan tuangkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Ratakan adonan agar berbentuk lingkaran seperti terang bulan. Kemudian, masukkan keju parut di atas adonan dan tutup wajan dengan tutup yang sudah disiapkan. Biarkan adonan matang secara merata selama 3-5 menit.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar 3D Sederhana

6. Angkat dan Sajikan

Jangan lupa, sebelum angkat adonan di wajan, tekan-tekan terlebih dahulu bagian atasnya dengan spatula untuk memastikan adonan sudah matang sempurna. Setelah matang, angkat adonan dan letakkan di atas loyang mini yang sudah disiapkan. Ulangi proses yang sama untuk adonan yang sudah diberi warna. Terakhir, terang bulan mini siap disajikan dan dinikmati.

FAQ

Apa yang harus dilakukan jika adonan tidak mengembang?

Jika adonan tidak mengembang, kemungkinan ragi instan sudah tidak aktif atau air yang digunakan terlalu panas dan membunuh ragi. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan ragi instan yang baru atau periksa suhu air yang digunakan agar tidak terlalu panas.

Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti pasta coklat?

Anda bisa menggunakan bubuk matcha sebagai pengganti pasta coklat. Selain itu, bisa juga menggunakan pewarna makanan agar adonan terang bulan memiliki warna-warna yang berbeda.

Apakah terang bulan mini bisa disimpan dalam kulkas?

Ya, terang bulan mini bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Sebelum menyimpannya, pastikan terang bulan sudah dingin dan disimpan di dalam wadah kedap udara.

Apa yang harus dilakukan jika terang bulan tidak matang sempurna?

Jika terang bulan tidak matang sempurna, kemungkinan api terlalu besar atau tidak cukup memasak adonan selama waktu yang tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan api kecil dan pastikan adonan dimasak selama waktu yang cukup.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Terang Bulan Mini Sederhana di Rumah