Cara Membuat Tempat Tisu dari Kain Flanel Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat tempat tisu dari kain flanel sederhana yang bisa menjadi dekorasi yang menarik di rumah. Tidak perlu khawatir jika kamu belum pernah membuatnya sebelumnya, karena tutorial ini akan memberikan langkah-langkah yang mudah diikuti. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai tutorial, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

No.
Nama Bahan
Jumlah
1
Kain flanel
2 lembar
2
Kertas karton
1 lembar
3
Gunting kain
1 buah
4
Benang dan jarum

Dengan menyiapkan bahan-bahan di atas, kamu sudah siap membuat tempat tisu dari kain flanel sederhana yang cantik dan berguna. Langsung saja, yuk kita mulai tutorialnya!

Langkah-langkah Membuat

Berikut adalah langkah-langkah membuat tempat tisu dari kain flanel sederhana:

1. Potong Kain Flanel

Potong kain flanel dengan ukuran 20 x 20 cm untuk setiap lembar kain. Pastikan bahwa kedua lembar kain flanel berukuran sama.

2. Potong Kertas Karton

Potong kertas karton dengan ukuran yang sama dengan kain flanel. Gunakan kertas karton untuk membuat dasar tempat tisu agar tetap kokoh dan tidak mudah rusak.

3. Jahit Kain Flanel

Jahit kedua lembar kain flanel bersamaan dengan benang dan jarum. Gunakan jahitan lurus dan pastikan jahitan tidak terlalu rapat agar mudah dibuka nanti.

4. Jahit Kertas Karton

Tempelkan kertas karton di atas salah satu sisi kain flanel. Jahit kain flanel yang sudah dijahit dengan kertas karton menggunakan jahitan lurus juga.

5. Jahit Sisi Lain

Setelah selesai menempelkan kertas karton pada salah satu sisi kain flanel, jahit sisi lainnya. Hindari menjahit ketika pada sisi kain flanel telah ada kertas karton.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Game Sederhana VB 6.0 untuk Sobat Sederhana

6. Buat Penutup Tempat Tisu

Potong kain flanel dengan ukuran 12 x 12 cm. Jahit sisi kanan dan kiri, lalu lipat kain flanel menjadi dua dan jahit sisi bawahnya. Teknik ini disebut jahit mata ikan yang umum digunakan.

7. Pasang Penutup Tempat Tisu

Pasang penutup tempat tisu yang sudah dibuat di atas tempat tisu yang sudah jadi. Jahit pada sisi yang sama dengan sisi tempat tisu yang sudah dijahit.

8. Hias Tempat Tisu

Sekarang tempat tisu dari kain flanel sudah jadi. Kamu bisa menghiasnya dengan renda atau kancing sesuai selera. Jangan lupa untuk menjahitkan benda hiasan tersebut dengan benang dan jarum.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan bahan selain kain flanel?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan bahan lain seperti kain katun atau bahan lainnya sesuai selera.

2. Bagaimana cara mencuci tempat tisu dari kain flanel?

Tempat tisu dari kain flanel dapat dicuci dengan cara dicuci sepeti baju biasa. Gunakan sabun yang lembut dan hindari penggunaan pemutih atau air panas.

3. Apakah sulit membuat tempat tisu dari kain flanel?

Tidak sulit. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di tutorial ini. Jika masih ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.

4. Bisa digunakan untuk ukuran tisu apa saja?

Ya. Tempat tisu dari kain flanel ini dapat digunakan untuk berbagai macam ukuran tisu, asalkan ukurannya disesuaikan dengan ukuran tempat tisu yang telah dibuat sebelumnya.

5. Apakah tempat tisu dari kain flanel tahan lama?

Jika dijaga dengan baik dan dirawat dengan benar, tempat tisu dari kain flanel dapat tahan lama dalam penggunaan sehari-hari.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Membuat Peta Sederhana dengan Menggunakan Map

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tempat Tisu dari Kain Flanel Sederhana