Cara Membuat Tempat Cuci Tangan Sederhana

Halo Sobat Sederhana, setelah pandemi COVID-19 melanda dunia, tempat cuci tangan menjadi sangat penting untuk membantu kita menjaga kebersihan tangan dan mencegah penyebaran virus. Namun, tidak semua orang dapat membeli tempat cuci tangan yang sudah jadi. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi cara membuat tempat cuci tangan sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Simak ya Sobat Sederhana!

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat tempat cuci tangan sederhana, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang kamu perlukan :

Bahan
Jumlah
Botol Plastik Bekas
1 Buah
Pompa Sabun Bekas
1 Buah
Isolasi Pipa
2 Batang
Plat Triplek atau Kayu
1 Lembar
Plat Baja atau Besi
2 Potong
Obeng
1 Set

2. Potong Botol Plastik

Langkah pertama adalah memotong botol plastik bekas. Kamu dapat memotong botol plastik dengan menggunakan pisau atau gunting. Potong bagian atas botol plastik agar tersisa hanya bagian bawahnya saja yang akan digunakan sebagai tempat cuci tangan.

Setelah memotong botol plastik, cuci bagian dalam botol dengan air dan sabun hingga bersih. Jangan lupa juga untuk mengeringkan botol sebelum digunakan.

3. Pasang Pompa Sabun

Selanjutnya, pasang pompa sabun pada bagian atas botol plastik yang telah dipotong tadi. Caranya cukup mudah, cukup masukkan pompa sabun ke dalam bagian atas botol plastik dan tekan hingga terpasang dengan kokoh.

4. Potong Isolasi Pipa

Langkah keempat adalah memotong isolasi pipa sesuai dengan ukuran botol plastik. Potong isolasi pipa dengan ukuran sedikit lebih panjang dari botol plastik agar bisa ditekuk dan dipasang dengan mudah.

Setelah memotong isolasi pipa, tekan dan tekuk isolasi pipa hingga membentuk huruf U. Pasang isolasi pipa pada bagian bawah botol plastik sehingga menjadi tempat sabun cuci tangan.

TRENDING 🔥  Cara Uji Regresi Sederhana dengan AMOS

5. Pasang Tempat Cuci Tangan pada Plat Triplek

Langkah terakhir adalah memasang tempat cuci tangan pada plat triplek atau kayu. Potong plat triplek atau kayu dengan ukuran 2 kali lipat dari ukuran botol plastik.

Pasang botol plastik dan isolasi pipa pada plat triplek menggunakan plat baja atau besi sebagai penopang. Setelah memastikan semua komponen terpasang dengan kuat, tempat cuci tangan sederhana siap digunakan.

FAQ

1. Apakah cara membuat tempat cuci tangan sederhana ini aman digunakan?

Ya, cara membuat tempat cuci tangan sederhana ini aman digunakan selama kamu telah mempersiapkan bahan-bahan dan memasangnya dengan benar.

2. Apakah tempat cuci tangan sederhana ini efektif untuk membunuh kuman dan virus?

Tempat cuci tangan sederhana hanya berfungsi sebagai tempat mencuci tangan dengan sabun dan air, sehingga efektif untuk membersihkan kuman dan virus yang menempel pada permukaan kulit tangan.

3. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat cuci tangan sederhana?

Bahan-bahan yang kamu butuhkan antara lain botol plastik bekas, pompa sabun bekas, isolasi pipa, plat triplek atau kayu, plat baja atau besi, dan obeng.

4. Apakah cara membuat tempat cuci tangan sederhana ini ramah lingkungan?

Ya, cara membuat tempat cuci tangan sederhana ini ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan bekas dan dapat didaur ulang.

5. Apakah cara membuat tempat cuci tangan sederhana ini cocok untuk digunakan di rumah atau sekolah?

Ya, cara membuat tempat cuci tangan sederhana ini cocok digunakan di rumah atau sekolah sebagai alternatif jika tidak ada tempat cuci tangan yang sudah jadi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Tempat Cuci Tangan Sederhana