Cara Membuat Tape Goreng yang Enak Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tape goreng yang enak sederhana. Tape goreng merupakan camilan yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Tape goreng biasanya disajikan saat acara tertentu, seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara keluarga lainnya. Berikut adalah resep dan cara membuat tape goreng yang enak dan mudah dibuat.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan tape goreng, ada baiknya Sobat Sederhana menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tape goreng yang enak sederhana adalah sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Tape singkong
500 gram
Tepung terigu
100 gram
Gula pasir
50 gram
Vanili bubuk
1 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Tape Goreng yang Enak Sederhana

1. Siapkan Tape Singkong yang Sudah Dibuat

Langkah pertama dalam membuat tape goreng adalah menyiapkan tape singkong yang sudah dibuat sebelumnya. Tape singkong yang digunakan harus matang dan agak kering, sehingga bisa dipotong-potong dengan mudah dan tidak mudah hancur.

2. Potong Tape Singkong

Potong tape singkong yang sudah matang menjadi ukuran yang diinginkan. Sobat Sederhana bisa memotongnya menjadi kotak-kotak kecil atau juga bisa memotongnya menjadi bentuk lain yang disukai.

3. Campurkan Tepung Terigu, Gula, Vanili, dan Garam

Campurkan tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, dan garam dalam wadah yang berbeda. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

4. Tambahkan Air Sedikit-Sedikit

Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung terigu dan bahan lainnya sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang kental dan lengket. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pasta Solder Sederhana

5. Celupkan Potongan Tape ke dalam Adonan

Celupkan potongan tape singkong ke dalam adonan tepung terigu dan pastikan semua bagian terlapisi adonan dengan baik.

6. Goreng di Minyak Panas

Goreng potongan tape goreng yang sudah terbalut adonan di dalam minyak panas hingga warnanya kuning kecoklatan dan terlihat renyah. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

7. Sajikan dan Nikmati

Tape goreng yang sudah siap bisa disajikan dan dinikmati. Sobat Sederhana bisa menambahkan topping seperti gula halus atau keju parut di atas tape goreng untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa Saja Jenis Tape yang Bisa Digunakan untuk Membuat Tape Goreng?

Sobat Sederhana bisa menggunakan tape singkong, tape ketan, atau tape kelapa untuk membuat tape goreng.

2. Apakah Tape Goreng Bisa Disimpan dalam Wadah Tertutup?

Tape goreng bisa disimpan dalam wadah tertutup untuk menjaga kelezatannya.

3. Apa yang Bisa Ditambahkan ke dalam Adonan Tepung Terigu?

Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam adonan tepung terigu seperti susu atau telur untuk memberikan rasa yang berbeda pada tape goreng.

4. Bagaimana Agar Tape Goreng Tidak Mudah Hancur?

Untuk membuat tape goreng yang tidak mudah hancur, pastikan adonan tepung terigu yang digunakan tidak terlalu encer atau terlalu kental. Selain itu, pastikan minyak yang digunakan dalam proses penggorengan sudah cukup panas.

5. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Tape Goreng?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tape goreng bervariasi tergantung pada jumlah tape singkong yang akan digoreng. Namun, secara umum proses pembuatan tape goreng tidak memakan waktu yang lama.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara membuat tape goreng yang enak dan sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat tape goreng yang lezat dan siap disajikan untuk acara keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Buat Kandang Jangkrik Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Tape Goreng yang Enak Sederhana