Cara Membuat Tachometer Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tachometer sederhana. Tachometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan putaran mesin. Alat ini sangat berguna untuk memonitor kinerja mesin dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Namun, pembelian tachometer yang sudah jadi dapat sangat mahal. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana membuat tachometer sederhana dengan harga yang terjangkau. Yuk, simak artikelnya!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan tachometer sederhana, Sobat Sederhana harus mempersiapkan alat dan bahan berikut:

Nama Alat dan Bahan
Jumlah
Arduino Uno
1 buah
Sensor Hall Effect
1 buah
Resistor 10K Ohm
1 buah
Resistor 220 Ohm
1 buah
LCD Display 16×2
1 buah
Potensiometer 10K Ohm
1 buah
Breadboard
1 buah
Jumper wire
Sesuai kebutuhan
USB Cable
1 buah

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat tachometer sederhana:

1. Memasang Sensor Hall Effect

Langkah pertama adalah memasang sensor Hall Effect pada breadboard. Sobat Sederhana dapat menghubungkan pin VCC pada sensor dengan jalur positif pada breadboard, kemudian menghubungkan pin GND pada sensor dengan jalur negatif pada breadboard. Selanjutnya, menghubungkan pin OUT pada sensor dengan jalur pada breadboard menggunakan jumper wire.

2. Memasang Resistor 10K Ohm

Langkah kedua adalah memasang resistor 10K Ohm pada breadboard. Sobat Sederhana dapat menghubungkan salah satu ujung resistor ke jalur positif pada breadboard dan ujung resistor yang lain ke jalur yang sama dengan pin OUT pada sensor Hall Effect.

3. Memasang Resistor 220 Ohm

Langkah ketiga adalah memasang resistor 220 Ohm pada breadboard. Sobat Sederhana dapat menghubungkan salah satu ujung resistor ke jalur negatif pada breadboard dan ujung resistor yang lain ke jalur negatif pada LCD Display.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Kepal Milo Sederhana dan Mudah

4. Memasang LCD Display

Langkah keempat adalah memasang LCD Display pada breadboard. Sobat Sederhana dapat menghubungkan pin VSS pada LCD Display dengan jalur negatif pada breadboard, kemudian menghubungkan pin VDD pada LCD Display dengan jalur positif pada breadboard. Selanjutnya, menghubungkan pin V0 pada LCD Display dengan potensiometer 10K Ohm. Sobat Sederhana dapat menghubungkan salah satu ujung potensiometer ke jalur positif dan ujung lainnya ke jalur negatif pada breadboard. Kemudian, menghubungkan pin RS pada LCD Display dengan pin 7 pada Arduino Uno. Pin RW pada LCD Display dapat dihubungkan ke jalur negatif pada breadboard atau langsung ke ground pada Arduino Uno. Pin E pada LCD Display dihubungkan ke pin 8 pada Arduino Uno. Pin D4, D5, D6, dan D7 pada LCD Display dihubungkan ke pin 9, 10, 11, dan 12 pada Arduino Uno.

5. Memprogram Arduino Uno

Langkah kelima adalah memprogram Arduino Uno. Sobat Sederhana dapat menggunakan program berikut:

int led = 13; //LED built-in pada Arduino Unoint hallPin = 2; //Pin sensor Hall Effectint rpm;volatile byte pulseCount;unsigned long prevTime;float rpmcoef = 30.0; //konstanta pengali RPMLiquidCrystal lcd(7, 8, 9, 10, 11, 12); //Inisialisasi LCD Displayvoid setup() {pinMode(led, OUTPUT); //Mengatur pin LED sebagai outputpinMode(hallPin, INPUT); //Mengatur pin sensor Hall Effect sebagai inputattachInterrupt(digitalPinToInterrupt(hallPin), countPulse, RISING); //Menghubungkan interrupt dengan fungsi countPulselcd.begin(16, 2); //Menginisialisasi LCD Displaylcd.print("Tachometer Sederhana"); //Menampilkan judul}void loop() {pulseCount = 0; //Mengatur jumlah pulse ke 0prevTime = millis(); //Mengatur waktu awaldelay(1000); //Menghitung pulse selama 1 detikdetachInterrupt(digitalPinToInterrupt(hallPin)); //Mematikan interruptrpm = (pulseCount * rpmcoef) / ((millis() - prevTime) / 1000.0); //Menghitung RPMlcd.setCursor(0, 1); //Mengatur posisi cursorlcd.print(rpm); //Menampilkan hasil pengukuranlcd.print(" RPM ");attachInterrupt(digitalPinToInterrupt(hallPin), countPulse, RISING); //Menghidupkan interrupt kembali}void countPulse() {pulseCount++; //Meningkatkan jumlah pulse}

FAQ

1. Apa itu tachometer?

Tachometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan putaran mesin.

TRENDING 🔥  Cara Buat Martabak Telur Mini Sederhana

2. Apa kegunaan tachometer?

Tachometer sangat berguna untuk memonitor kinerja mesin dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

3. Apakah harga pembuatan tachometer sederhana mahal?

Tidak, harga pembuatan tachometer sederhana sangat terjangkau.

4. Apa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tachometer sederhana?

Alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain: Arduino Uno, Sensor Hall Effect, resistor 10K Ohm, resistor 220 Ohm, LCD Display 16×2, potensiometer 10K Ohm, breadboard, jumper wire, dan USB Cable.

5. Bagaimana cara memprogram Arduino Uno?

Sobat Sederhana dapat memprogram Arduino Uno menggunakan software Arduino IDE atau software sejenisnya. Kemudian, Sobat Sederhana dapat memasang program yang sudah dibuat ke dalam Arduino Uno menggunakan USB Cable.

Penutup

Itulah cara membuat tachometer sederhana dengan harga yang terjangkau. Pembuatan tachometer ini dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun. Dengan membuat tachometer sederhana ini, Sobat Sederhana dapat melakukan monitoring kinerja mesin secara efektif dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tachometer Sederhana