Cara Membuat Susu Bubuk Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Pernahkah kamu merasa bosan dengan susu cair yang itu-itu saja? Mungkin saatnya untuk mencoba membuat susu bubuk sendiri di rumah. Selain lebih ekonomis, kamu juga bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selera. Yuk, simak cara membuat susu bubuk sederhana berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan susu bubuk, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Susu bubuk
500 gram
Maizena
100 gram
Gula pasir
100 gram
Garam
1 sendok teh

Langkah-langkah Membuat Susu Bubuk

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah siap di atas meja kerja. Selain itu, pastikan juga alat-alat yang dibutuhkan, seperti wadah dan pengaduk, dalam keadaan bersih dan kering.

2. Campurkan Semua Bahan

Setelah semua bahan dan alat siap, campurkan susu bubuk, maizena, gula pasir, dan garam ke dalam wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

3. Blender Adonan Bahan

Jika sudah tercampur dengan rata, masukkan adonan bahan ke dalam blender. Haluskan adonan hingga tercampur dengan benar dan tekstur menjadi halus.

4. Saring Adonan Susu Bubuk

Setelah di-blender, saring adonan susu bubuk menggunakan saringan halus untuk memastikan adonan benar-benar halus dan tidak bergerindil. Saringan yang digunakan bisa menggunakan kain saring atau saringan kopi.

5. Simpan dalam Wadah Tertutup

Setelah adonan susu bubuk selesai disaring, simpan dalam wadah tertutup yang bersih dan kering. Susu bubuk siap digunakan dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

FAQ tentang Cara Membuat Susu Bubuk Sederhana

1. Apakah hanya susu bubuk yang bisa digunakan?

Idealnya, hanya susu bubuk yang digunakan untuk membuat susu bubuk. Penggunaan susu cair tidak disarankan karena hasil akhirnya tidak akan sama.

TRENDING 🔥  Cara Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Sobat Sederhana

2. Bisa menggunakan gula merah sebagai pengganti gula pasir?

Tentu bisa, penggunaan gula merah atau gula kelapa sebagai pengganti gula pasir membuat susu bubuk lebih sehat dan alami.

3. Apakah susu bubuk sederhana bisa digunakan untuk minuman dingin?

Bisa, susu bubuk sederhana bisa digunakan untuk minuman hangat maupun dingin. Namun, saat digunakan untuk minuman dingin, pastikan memakai es batu atau mencampurkan susu bubuk dengan sedikit air panas terlebih dahulu agar tercampur dengan baik.

4. Berapa lama susu bubuk bisa disimpan?

Susu bubuk bisa disimpan dalam waktu yang lama selama disimpan dalam wadah tertutup yang bersih dan kering. Namun, disarankan untuk digunakan dalam waktu 6 bulan sejak pembuatan agar tidak kehilangan rasa dan kualitasnya.

5. Bisa menggunakan maizena organik?

Tentu saja, menggunakan maizena organik akan membuat hasil akhir lebih sehat dan alami. Namun, pastikan maizena organik yang digunakan berkualitas dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Susu Bubuk Sederhana