Cara Membuat Sushi Roll Sederhana Tanpa Nori

Selamat datang, Sobat Sederhana! Bagi kalian yang suka dengan masakan Jepang, tentu sudah tidak asing lagi dengan sushi roll. Sushi roll merupakan salah satu jenis sushi yang menarik dan lezat. Namun, bagaimana jika kalian tidak memiliki bahan nori untuk membuat sushi roll? Tenang saja, Sobat Sederhana. Kali ini kita akan belajar cara membuat sushi roll sederhana tanpa nori yang mudah dan praktis. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sushi roll, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa perlengkapan berikut:

Perlengkapan
Jumlah
Cetakan sushi roll
1 buah
Plastik wrap
secukupnya
Pisau
1 buah
Spuit plastik
1 buah
Sendok
1 buah
Tepung sushi
secukupnya
Beras sushi
secukupnya
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Asam cuka
secukupnya

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Selain perlengkapan, Sobat Sederhana juga perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Wortel
1 buah, potong memanjang menjadi seret
Timun
1 buah, potong memanjang menjadi seret
Daun selada
secukupnya
Kanikama
2 buah, potong memanjang menjadi seret
Telur dadar
1 buah, iris tipis-tipis
Mayonaise
secukupnya
Saus sambal
secukupnya
Acar jahe
secukupnya

Cara Membuat Sushi Roll Sederhana Tanpa Nori

1. Memasak Beras Sushi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasak beras sushi. Beras sushi memiliki tekstur yang lebih klembut dan kering dari beras biasa. Cara memasaknya pun berbeda. Pertama-tama, cuci beras sushi dengan air dingin sampai airnya jernih. Kemudian, masak beras sushi dengan air secukupnya dalam panci dengan api kecil. Setelah air mulai mendidih, tutup panci dan biarkan selama 15-20 menit sampai beras sushi matang dan mengembang.

2. Membuat Adonan Sushi

Setelah beras sushi matang, pindahkan ke dalam wadah dan tambahkan 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gula, dan 2 sendok makan asam cuka. Aduk rata hingga tercampur sempurna. Setelah itu, biarkan beras sushi dingin dan aduk-aduk lagi hingga terasa lengket.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Biogas Sederhana

3. Menyiapkan Bahan-bahan Fillings

Selanjutnya, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan fillings seperti wortel, timun, daun selada, kanikama, telur dadar, mayonaise, saus sambal, dan acar jahe. Potong semua bahan menjadi seret atau iris tipis-tipis agar mudah digulung ke dalam sushi roll.

4. Memasak Telur Dadar

Untuk membuat telur dadar, kocok 1 butir telur dalam mangkuk dan tambahkan sedikit garam. Panaskan wajan dan olesi dengan sedikit minyak. Tuang telur dadar ke dalam wajan dan masak hingga matang. Angkat dan iris tipis-tipis.

5. Memasak Kanikama

Untuk memasak kanikama, cukup rebus dalam air mendidih selama 5-10 menit. Setelah matang, tiriskan dan potong memanjang menjadi seret.

6. Menyiapkan Cetakan Sushi Roll

Siapkan cetakan sushi roll dan oleskan sedikit minyak agar adonan sushi tidak lengket. Letakkan plastik wrap di atas cetakan sushi roll dan oleskan lagi dengan sedikit minyak. Tuang adonan sushi ke dalam cetakan hingga setengah penuh dan ratakan dengan sendok.

7. Menambahkan Bahan Fillings

Selanjutnya, letakkan bahan fillings di atas adonan sushi. Tambahkan mayonaise dan saus sambal secukupnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

8. Menggulung Sushi Roll

Setelah semua bahan fillings ditambahkan, tambahkan lagi adonan sushi hingga semua bahan tertutup rapat. Ratakan lagi dengan sendok dan rapatkan plastik wrap ke dalam cetakan sushi roll. Kemudian, tekan-tekan agar adonan sushi menempel dengan bahan fillings.

9. Memotong Sushi Roll

Setelah sushi roll telah selesai dibuat, keluarkan dari cetakan sushi roll dan gunakan pisau yang tajam untuk memotong sushi roll menjadi beberapa bagian. Iris tipis-tipis agar lebih mudah untuk disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu sushi roll?

Sushi roll adalah salah satu jenis sushi yang terdiri dari nasi sushi dan fillings yang digulung dengan nori. Sushi roll dapat diisi dengan berbagai macam bahan seperti daging, sayuran, dan seafood.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Robot Sederhana dari Kertas

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sushi roll sederhana tanpa nori?

Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain cetakan sushi roll, plastik wrap, pisau, spuit plastik, sendok, tepung sushi, beras sushi, garam, gula, asam cuka, wortel, timun, daun selada, kanikama, telur dadar, mayonaise, saus sambal, dan acar jahe.

3. Apa yang harus dilakukan jika tidak memiliki cetakan sushi roll?

Jika Sobat Sederhana tidak memiliki cetakan sushi roll, bisa mencoba menggunakan plastik wrap untuk membantu menggulung sushi roll. Pastikan plastik wrap benar-benar rapat dan erat agar adonan sushi dan fillings tidak terlepas.

4. Apakah beras sushi sama dengan beras biasa?

Tidak. Beras sushi memiliki tekstur yang lebih klembut dan kering dari beras biasa. Cara memasaknya pun berbeda. Jika menggunakan beras biasa, sushi roll tidak akan memiliki tekstur yang benar-benar pulen dan kenyal.

5. Bagaimana cara memilih bahan fillings yang baik untuk sushi roll?

Memilih bahan fillings yang baik untuk sushi roll sebaiknya yang segar, berkualitas baik, dan sesuai dengan selera. Beberapa bahan fillings yang umum digunakan antara lain sayuran segar seperti wortel, timun, dan daun selada, seafood seperti kanikama, dan daging seperti ayam atau sapi.

6. Bisakah bahan fillings diubah sesuai selera?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa mengubah bahan fillings sesuai dengan selera dan preferensi. Contoh bahan fillings yang bisa digunakan antara lain salmon, mentimun, paprika, atau avokad.

Penutup

Selamat, Sobat Sederhana, kalian sudah berhasil membuat sushi roll sederhana tanpa nori. Sushi roll yang lezat dan menarik ini bisa jadi alternatif yang cocok untuk dicoba di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kipas Angin Sederhana dengan Dinamo

Cara Membuat Sushi Roll Sederhana Tanpa Nori