Cara Membuat Steamboat Sederhana

Hello Sobat Sederhana, hari ini saya akan mengajarkan kepada kalian cara membuat steamboat sederhana yang dapat kalian coba di rumah. Steamboat merupakan hidangan khas Asia yang terkenal dengan konsep memasak langsung di atas meja dengan menggunakan panci yang dipanaskan di atas tungku atau kompor. Biasanya dihidangkan bersama dengan saus atau kuah yang beragam, dengan berbagai macam bahan tambahan seperti daging, sayuran, dan lain-lain. Yuk, kita simak cara membuatnya!

Bahan-Bahan Steamboat

Untuk membuat steamboat sederhana, kalian membutuhkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Saus tomat
1 botol
Kaldu ayam
2 liter
Cabai rawit
10 buah (opsional)
Daging ayam
300 gram, iris tipis
Daging sapi
300 gram, iris tipis
Udang
300 gram, kupas kulit dan kepala
Terong
1 buah, iris tipis
Bawang putih
5 siung, cincang halus
Bawang bombay
1 buah, iris tipis
Daun bawang
1 ikat, iris tipis
Mushroom
200 gram, potong sesuai selera
Tofu
1 kotak, potong kotak-kotak kecil
Kimchi
1 kaleng kecil
Telur rebus
4 butir
Mie telur
200 gram
Nori
3 lembar, iris tipis
Baby bok choy
1 ikat, cuci bersih
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya
Air
secukupnya

Cara Membuat Steamboat Sederhana

1. Siapkan Tatakan Steamboat

Pertama, kalian perlu menyiapkan tatakan steamboat di atas meja. Tatakan ini akan digunakan untuk meletakkan panci yang akan digunakan untuk memasak hidangan. Pastikan tatakan cukup besar dan stabil untuk menimbang berat panci yang akan digunakan.

2. Siapkan Panci dan Tungku

Selanjutnya, siapkan panci yang cukup besar untuk menampung bahan-bahan dan kuah yang akan dipakai. Pilih panci yang tahan panas dan berat, agar dapat menampung sejumlah besar bahan-bahan. Kemudian, siapkan tungku atau kompor yang akan digunakan untuk memasak hidangan.

TRENDING 🔥  Cara Masak Sop Tulang Sapi Sederhana

3. Siapkan Bahan-Bahan

Setelah itu, siapkan semua bahan-bahan yang akan digunakan, cuci bersih dan potong sesuai selera. Letakkan dengan rapi di atas wadah yang terpisah sesuai dengan jenis bahan masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengambil bahan dan memasaknya pada saat hidangan sudah siap dihidangkan.

4. Siapkan Kuah

Selanjutnya, siapkan kuah atau saus yang akan digunakan. Campurkan kaldu ayam, saus tomat, cabai rawit, garam, dan lada hitam ke dalam panci dan didihkan. Setelah itu, tutup panci dan biarkan kuah mendidih selama beberapa menit. Setelah itu, kecilkan api dan biarkan kuah tetap hangat.

5. Letakkan Panci pada Tungku

Kemudian, letakkan panci yang berisi kuah di atas tungku atau kompor. Nyalakan api dan tunggu hingga kuah mendidih kembali. Setelah itu, kalian siap untuk memasak semua bahan-bahan dengan menggunakan panci tersebut.

6. Masak Bahan-Bahan Secara Bertahap

Untuk memasak bahan-bahan, awali dengan memasak daging ayam dan sapi terlebih dahulu. Tambahkan garam dan lada hitam pada daging agar rasanya lebih enak. Setelah itu, masukkan udang dan biarkan mendidih hingga udang berubah warna menjadi merah jambu. Kemudian, masukkan potongan terong dan bawang bombay. Biarkan selama beberapa menit dan tambahkan daun bawang. Koreksi rasanya dan tambahkan garam dan lada hitam jika perlu.

7. Siapkan Bahan Tambahan

Selain bahan-bahan yang sudah dimasak bersama kuah, kalian juga bisa menambahkan berbagai bahan tambahan seperti mushroom, tofu, mie telur, baby bok choy, kimchi, telur rebus, dan nori. Tambahkan bahan-bahan ini sesuai dengan selera masing-masing, dan masak hingga matang.

8. Penyajian

Setelah semua bahan sudah matang, kalian bisa menyajikan steamboat di atas meja. Letakkan panci di atas tatakan steamboat, dan letakkan bahan-bahan yang telah dimasak di sekitar panci. Sajikan pula saus dan bumbu tambahan seperti saus sambal atau saus cuka untuk menambah cita rasa hidangan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sederhana Menggunakan Microsoft Word

FAQ Tentang Steamboat

1. Apakah Steamboat Hanya Bisa Dibuat dengan Kuah Pedas?

Tidak. Meskipun kuah pedas adalah opsi yang umum digunakan dalam memasak steamboat, kalian bisa memilih jenis kuah lainnya seperti kuah tomat, kuah sup ayam, atau kuah asam pedas.

2. Apakah Saus Sambal Bisa Digunakan sebagai Pelengkap?

Tentu saja. Saus sambal adalah bumbu tambahan yang umum digunakan dalam hidangan steamboat. Namun, sesuaikan jumlahnya dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

3. Apakah Bahan-bahan yang Digunakan dalam Steamboat Harus Dipotong Sedemikian Rupa?

Iya. Agar bahan-bahan dapat matang secara merata, sebaiknya potong bahan-bahan menjadi ukuran yang serupa. Hal ini akan memudahkan dalam memasak bahan-bahan dan menjaga kelembutan dan kelezatan bahan-bahan tersebut.

4. Bolehkah Membuat Steamboat Tanpa Menggunakan Cuka?

Tentu saja. Cuka adalah bumbu tambahan yang umum digunakan dalam hidangan steamboat, tapi jika kalian tidak menyukainya, maka bisa diabaikan saja.

5. Apakah Steamboat Hanya Cocok untuk Dimakan di Musim Dingin?

Tidak. Meskipun steamboat memang cocok untuk dimakan di musim dingin, hidangan ini juga dapat dinikmati di musim panas. Steamboat dapat disesuaikan dengan cuaca, misalnya dengan menggunakan kuah yang lebih ringan dan segar di musim panas.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Steamboat Sederhana