Cara Membuat Spaghetti Bolognese Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat spaghetti bolognese sederhana yang mudah diikuti dan pastinya enak. Spaghetti bolognese merupakan salah satu hidangan yang populer dan banyak disukai oleh semua kalangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah pembuatan spaghetti bolognese yang sederhana dan mudah diikuti. Yuk, simak pembahasannya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat spaghetti bolognese, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Spaghetti
250 gram
Daging sapi cincang
250 gram
Bawang putih
3 siung
Bawang merah
2 buah
Tomat
3 buah
Tomat kaleng
1 kaleng
Wortel
1 buah
Lada hitam
secukupnya
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Minyak zaitun
secukupnya
Keju parut
secukupnya

Pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan sebelum memulai membuat spaghetti bolognese.

2. Membuat saus bolognese

Langkah pertama dalam membuat spaghetti bolognese adalah membuat saus bolognese terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan saus bolognese:

a. Membuat base saus

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus memotong-motong bawang putih, bawang merah, dan wortel menjadi potongan kecil-kecil.

Panaskan minyak zaitun di atas wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan potongan wortel dan tumis hingga layu.

Tambahkan daging sapi cincang ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga berubah warna. Tambahkan sedikit garam dan lada hitam sesuai selera.

Masukkan tomat kaleng ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga merata. Tambahkan sedikit gula jika diinginkan. Biarkan saus mendidih dan masak hingga matang. Angkat dan sisihkan.

b. Mengolah tomat segar menjadi saus

Blanching adalah cara yang tepat untuk mengupas kulit tomat. Siapkan panci air mendidih dan masukkan tomat segar ke dalamnya. Setelah kulit tomat mulai mengelupas, angkat tomat ke dalam mangkuk berisi air dingin. Kemudian, kupas kulit tomat dan potong-potong kecil.

TRENDING 🔥  Jelaskan Cara Hidup Sederhana yang Dicontohkan Oleh Nabi

Panaskan minyak zaitun di atas wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan potongan tomat segar dan aduk-aduk hingga layu. Tambahkan sedikit garam dan lada hitam sesuai selera.

Masukkan saus hasil blanching ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga merata. Tambahkan sedikit gula jika diinginkan. Biarkan saus mendidih dan masak hingga matang. Angkat dan sisihkan.

3. Membuat spaghetti

Setelah membuat saus bolognese, langkah selanjutnya adalah memasak spaghetti. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan spaghetti yang sederhana:

Rebus spaghetti dalam panci yang telah diisi air mendidih dan sedikit garam. Masak spaghetti hingga matang dan lembut. Kemudian, tiriskan spaghetti dan siram dengan sedikit minyak zaitun supaya tidak lengket.

4. Menghidangkan spaghetti bolognese

Setelah semua bahan sudah siap, Sobat Sederhana dapat menghidangkan spaghetti bolognese yang telah dimasak. Berikut ini adalah langkah-langkah menghidangkan spaghetti bolognese:

Ambil piring saji dan letakkan spaghetti di dalamnya. Tuang saus bolognese di atas spaghetti dan taburi dengan keju parut. Spaghetti bolognese siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa mengganti daging sapi cincang dengan daging ayam?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa memilih bahan daging yang diinginkan, seperti daging sapi, daging ayam, atau bahkan daging babi.

2. Bolehkah saya tidak menggunakan tomat kaleng?

Bisa. Sobat Sederhana bisa menggantinya dengan menggunakan tomat segar yang dipotong kecil-kecil.

3. Bisakah saya menambahkan bahan lain seperti jamur atau paprika?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan lain sesuai selera dan keinginan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah tadi pembahasan mengenai cara membuat spaghetti bolognese sederhana yang mudah diikuti. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana pasti bisa membuat spaghetti bolognese yang enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

TRENDING 🔥  Cara Menata Kamar Minimalis dengan Barang Sederhana

Cara Membuat Spaghetti Bolognese Sederhana untuk Sobat Sederhana