Cara Membuat Soto Daging Bening Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat soto daging bening sederhana. Soto merupakan makanan khas Indonesia yang cukup populer. Rasanya yang khas dan aroma rempahnya membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipinya. Soto daging bening merupakan salah satu variasi soto yang banyak disukai. Biasanya soto daging bening menggunakan daging sapi. Namun, kali ini kita akan mencoba membuat soto daging bening dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat. Yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto daging bening sederhana:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Bawang putih
4 siung
Bawang merah
5 butir
Jahe
1 ruas jari
Lengkuas
1 ruas jari
Sereh
1 batang
Daun salam
2 lembar
Garam
secukupnya
Merica
secukupnya
Air
1,5 liter
Minyak goreng
secukupnya
Bihun
100 gram
Tauge
100 gram
Bawang goreng
secukupnya
Jeruk nipis
1 buah

Langkah-langkah:

1. Mempersiapkan daging sapi

Pertama-tama bersihkan daging sapi dari lemak dan kaldu yang menempel. Kemudian potong-potong daging sapi sesuai selera. Setelah itu, rebus daging sapi hingga empuk. Tiriskan dan suwir-suwir daging sapi.

2. Membuat bumbu halus

Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, dan sereh. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum.

3. Membuat kaldu

Tambahkan air ke dalam panci yang telah dipanaskan. Kemudian masukkan bumbu halus yang telah ditumis, daun salam, garam, dan merica. Aduk-aduk hingga rata. Setelah itu, masukkan daging sapi yang telah disuwir-suwirkan. Masak hingga mendidih.

4. Membuat pelengkap

Saat menunggu kaldu matang, siapkan pelengkap soto seperti bihun, tauge, bawang goreng, dan irisan jeruk nipis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampu Jalan Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Penyelesaian

Setelah kaldu matang, ambil mangkuk saji. Letakkan bihun, tauge, dan daging sapi di dalam mangkuk saji. Kemudian tuangkan kaldu ke dalam mangkuk. Sajikan dengan bawang goreng dan jeruk nipis.

FAQ

1. Bolehkah menggunakan daging ayam?

Tentu saja. Anda bisa menggunakan daging ayam untuk membuat soto daging bening ini. Namun, rasanya akan sedikit berbeda dengan menggunakan daging sapi.

2. Bagaimana jika tidak suka dengan rempah-rempah?

Jika Anda tidak suka dengan rempah-rempah, Anda bisa mengurangi penggunaannya atau bahkan tidak menggunakan sama sekali. Namun, rasanya akan berbeda dengan soto daging bening yang sebenarnya.

3. Apa saja pelengkap yang bisa digunakan?

Selain bihun dan tauge, pelengkap soto daging bening bisa berupa kentang rebus, telur rebus, dan kol. Namun, sesuaikan dengan selera Anda.

4. Bolehkah menggunakan bumbu instan?

Anda bisa menggunakan bumbu instan jika tidak ingin repot membuat bumbu halus sendiri. Namun, rasanya akan berbeda dengan menggunakan bumbu alami.

5. Bagaimana cara membuat soto daging yang pedas?

Untuk membuat soto daging yang pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit atau cabai bubuk ke dalam bumbu halus. Namun, sesuaikan dengan selera Anda.

Kesimpulan

Itulah cara membuat soto daging bening sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat, Anda bisa menikmati soto daging bening yang lezat dan bergizi. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Soto Daging Bening Sederhana