Cara Membuat Sosis Sayuran Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kamu mencari resep sosis sayuran yang mudah dan lezat? Berikut adalah cara membuat sosis sayuran sederhana yang dapat kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang simpel, kamu bisa menikmati sosis sayuran yang enak dan sehat. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sosis sayuran, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Telur
3 butir
Jagung Manis
100 gram
Wortel
1 buah, parut halus
Tepung Terigu
50 gram
Tepung Maizena
25 gram
Garam
secukupnya
Lada Bubuk
secukupnya

Dengan bahan-bahan di atas, kamu bisa membuat sekitar 6 buah sosis sayuran. Untuk langkah selanjutnya, simak tutorialnya di bawah ini!

Langkah Pembuatan

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sosis sayuran sederhana:

1. Siapkan wadah untuk adonan sosis

Pertama-tama, siapkan wadah untuk membuat adonan sosis. Gunakan wadah yang cukup besar agar kamu bisa mencampurkan semua bahan dengan mudah.

2. Kocok telur

Kocok 3 butir telur dalam wadah adonan sosis hingga tercampur rata. Pastikan telur sudah terkocok dengan baik supaya adonan sosis bisa lebih padat.

3. Tambahkan jagung manis dan wortel

Setelah telur terkocok rata, tambahkan jagung manis dan wortel yang sudah diparut halus ke dalam adonan sosis. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

4. Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena

Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan sosis. Aduk-aduk lagi hingga adonan benar-benar tercampur rata. Tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya sesuai selera.

5. Siapkan plastik pembungkus sosis

Siapkan plastik pembungkus sosis yang cukup panjang. Pastikan plastiknya cukup kuat agar adonan sosis dapat terbungkus dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Timlo Solo Sederhana

6. Isi plastik pembungkus dengan adonan sosis

Isi plastik pembungkus dengan adonan sosis yang sudah dibuat. Pastikan adonan terisi penuh dan rapat. Kemudian rapatkan kedua ujung plastik pembungkus sosis agar adonan tidak keluar saat dimasak.

7. Rebus adonan sosis

Siapkan panci berukuran sedang dan isi dengan air. Masukkan adonan sosis ke dalam air mendidih dan rebus selama sekitar 20-25 menit.

8. Tiriskan sosis sayuran

Setelah 20-25 menit, angkat sosis sayuran dari panci dan tiriskan. Potong-potong sosis menjadi ukuran yang diinginkan. Sosis sayuran siap disajikan!

FAQ

1. Bisa gak pake sayur lain selain jagung dan wortel?

Bisa! Kamu bisa mencoba menggunakan sayuran lain seperti kentang, brokoli, atau kacang polong. Gunakan sayuran yang kamu sukai dan sesuai dengan selera.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan sosis terlalu kental?

Jika adonan terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air atau susu ke dalam adonan. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi lebih cair.

3. Bisa gak sosis sayuran dijadikan bekal?

Bisa! Kamu bisa membungkus sosis sayuran dengan plastik pembungkus dan membawa ke kantor atau sekolah sebagai bekal. Sosis sayuran juga tahan lama dan bisa disimpan di lemari es untuk beberapa hari.

Penutup

Demikianlah cara membuat sosis sayuran sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain lezat, sosis sayuran juga sehat dan cocok untuk kamu yang sedang menjalani gaya hidup vegetarian. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Sosis Sayuran Sederhana

https://youtube.com/watch?v=MA7FBdmFHh8