Cara Membuat Solar Cell Sederhana

Hello Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat solar cell sederhana. Solar cell atau sel surya merupakan sebuah alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Saat ini, solar cell banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik pada rumah-rumah atau gedung-gedung. Namun, tidak sedikit pula yang masih kesulitan dalam membuat solar cell sederhana. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap cara membuat solar cell sederhana dengan mudah.

1. Memahami Prinsip Kerja Solar Cell

Sebelum kita memulai membuat solar cell, kita harus memahami prinsip kerja dari solar cell terlebih dahulu. Solar cell bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik. Proses ini terjadi ketika cahaya matahari masuk ke dalam material semikonduktor yang terdapat pada solar cell, kemudian elektron-elektron dalam material semikonduktor akan memancarkan energi, dan energi tersebut akan diambil oleh kawat pengepam (pemusatan) dan diubah menjadi energi listrik.

Agar lebih mudah memahami prinsip kerja dari solar cell, dapat dilihat dalam tabel berikut:

Cahaya Matahari
Material Semikonduktor
Kawat Pengepam
Energi Listrik
Masuk ke dalam solar cell
Elektron dalam material semikonduktor memancarkan energi
Kawat pengepam mengambil energi
Diubah menjadi energi listrik

Setelah memahami prinsip kerja dari solar cell, kita dapat melanjutkan ke tahap pembuatan.

2. Membuat Material yang Diperlukan

Material yang diperlukan dalam membuat solar cell sederhana antara lain:

  • Templat kawat
  • Material semikonduktor
  • Elektrode kawat
  • Larutan Zinc Oxide
  • Larutan Titanium Oxide
  • Lembaran Kaca
  • Perak Cetak
  • Target Pemanggil Piringan Kaca
  • Tabung Plastik
  • Minyak Mentah
  • Solvent Organic
  • Alat Pemanas
  • Alat Pendingin
  • Alat Pengecatan
  • Alat Pengeringan
TRENDING 🔥  Cara Membuat Mochi Sederhana dari Tepung Beras

Material-material tersebut biasanya tersedia di toko bahan kimia terdekat.

3. Membuat Material Semikonduktor

Tahap awal dalam membuat solar cell sederhana adalah dengan membuat material semikonduktor. Material semikonduktor yang umum digunakan adalah Titanium Dioxide (TiO2).

a. Menyiapkan Solusi TiO2

Siapkan larutan TiO2 dengan melarutkan 11,50 gr TiO2 dalam 50 ml air suling di dalam tabung plastik, aduk hingga merata. Kemudian larutan TiO2 dapat disimpan di dalam kulkas untuk jangka waktu yang lama.

b. Menyiapkan Solusi Zinc Oxide (ZnO)

Selain TiO2, material semikonduktor yang umum digunakan adalah Zinc Oxide (ZnO). Siapkan larutan ZnO dengan melarutkan 1,80 g ZnO dalam 50 ml air suling di dalam tabung plastik, aduk hingga merata. Kemudian larutan ZnO dapat disimpan di dalam kulkas untuk jangka waktu yang lama.

c. Menyiapkan Solusi Perak Cetak

Solusi perak cetak digunakan sebagai penghantar listrik pada solar cell. Siapkan solusi perak cetak dengan melarutkan 1 gr perak nitrat (AgNO3) dalam 50 ml air suling, aduk hingga merata.

4. Membuat Sel Surya

Tahap selanjutnya adalah membuat sel surya dengan cara sebagai berikut:

a. Menyiapkan Lembaran Kaca

Siapkan lembaran kaca yang telah dipotong seukuran dengan templat kawat. Kemudian bersihkan permukaan lembarn kaca dengan menggunakan cairan pembersih dan kain lembut hingga benar-benar bersih.

b. Menyiapkan Templat Kawat

Siapkan templat kawat dengan diameter yang cukup besar (lebih besar dari diameter kawat elektroda). Kemudian letakkan templat kawat di atas lembaran kaca.

c. Menyiapkan Larutan TiO2

Rendam templat kawat yang telah diletakkan di atas lembaran kaca ke dalam larutan TiO2 yang telah disiapkan tadi. Diamkan selama 5 menit agar larutan TiO2 menempel pada templat kawat. Kemudian keringkan sel surya dengan menggunakan alat pengeringan selama 30 menit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Puding Sederhana

d. Menyiapkan Larutan Zinc Oxide (ZnO)

Rendam sel surya yang telah kering ke dalam larutan ZnO yang telah disiapkan tadi. Diamkan selama 5 menit agar larutan ZnO menempel pada sel surya. Kemudian keringkan sel surya dengan menggunakan alat pengeringan selama 30 menit.

e. Menyiapkan Larutan Perak Cetak

Letakkan elektrode kawat pada sel surya. Kemudian goreskan larutan perak cetak pada sel surya dari elektroda kawat ke arah bagian atas sel surya. Pastikan penggoresan dilakukan dengan rapi dan benar-benar merata.

f. Menyiapkan Target Pemanggil Piringan Kaca

Setelah penggoresan larutan perak cetak, siapkan target pemanggil piringan kaca dan letakkan di atas sel surya. Kemudian letakkan seluruh rangkaian di dalam alat pemanas dan panaskan selama 10 menit dengan suhu 450°C. Kemudian diamkan sel surya pada suhu ruangan selama 10 menit.

g. Menyelesaikan Pembuatan Sel Surya

Sel surya yang telah dipanaskan dan didiamkan selama 10 menit, kemudian dapat dilakukan pengeringan dengan menggunakan alat pengeringan selama 1 jam. Setelah sel surya kering, sel surya dapat diuji dengan menggunakan lampu dengan hasil yang diharapkan adalah adanya pancaran cahaya pada elektroda kawat. Sel surya yang telah selesai dibuat dapat digunakan untuk mengambil energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

5. FAQ Cara Membuat Solar Cell Sederhana

a. Apakah Bahan-Bahan Untuk Membuat Solar Cell Mudah Ditemukan Di Pasaran?

Ya, material yang dibutuhkan dalam membuat solar cell cukup mudah ditemukan di toko bahan kimia terdekat.

b. Apakah Membuat Solar Cell Sederhana Dapat Dilakukan Oleh Orang Awam?

Ya, pembuatan solar cell sederhana dapat dilakukan oleh orang awam dengan memahami prinsip kerja dari solar cell dan memperoleh bahan-bahan yang dibutuhkan.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menyusun Batu Waterfall Air Terjun Aquascape

c. Apakah Solar Cell Sederhana Dapat Menghasilkan Energi Listrik Yang Sama Dengan Solar Cell Komersial?

Tidak, solar cell sederhana masih memiliki efisiensi yang lebih rendah dibandingkan dengan solar cell komersial. Namun, solar cell sederhana dapat menghasilkan energi listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

d. Bagaimana Cara Mengatur Posisi Sel Surya Untuk Memaksimalkan Pengambilan Energi Matahari?

Sel surya sebaiknya diletakkan pada area yang terkena sinar matahari secara langsung dan tidak terhalang oleh benda-benda lain seperti pohon atau gedung.

e. Apakah Solar Cell Aman Digunakan Untuk Kebutuhan Listrik Rumah Tangga?

Ya, solar cell aman digunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga karena tidak menghasilkan emisi berbahaya dan ramah lingkungan.

6. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat solar cell sederhana yang dapat kita lakukan dengan mudah. Dalam membuat solar cell sederhana, kita perlu memahami prinsip kerja dari solar cell dan mempersiapkan material-material yang dibutuhkan dengan baik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, kita dapat membuat solar cell sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Solar Cell Sederhana