Cara Membuat Solar Cell: Pembangkit Listrik Tenaga Surya Panel Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan energi surya atau matahari sebagai sumber energi alternatif. Hal ini tidak lahir begitu saja, melainkan karena semakin hari semakin banyaknya penggunaan energi yang tidak terbarukan. Bahkan, saat ini Indonesia masih menggunakan energi fosil sebagai sumber energi utama.

Namun, kita dapat mengurangi penggunaan energi fosil dengan memanfaatkan energi surya sebagai sumber energi alternatif. Salah satu cara untuk memanfaatkan energi surya adalah dengan membuat panel surya atau solar cell sendiri. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat solar cell pembangkit listrik tenaga surya panel sederhana.

Pengertian Solar Cell

Solar cell atau panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Alat ini menggunakan bahan semikonduktor yang dapat menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk menggantikan sumber energi utama yang tidak ramah lingkungan.

Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat solar cell, sobat sederhana harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Plat tembaga
1 buah
Plat seng
1 buah
Asam sulfat
100 ml
Kapas
secukupnya
Kawat tembaga
2 buah
Penjepit kertas
2 buah

Langkah-Langkah Membuat Solar Cell

Langkah 1: Membuat Elektroda

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat elektroda. Elektroda terdiri dari plat tembaga dan plat seng. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, sobat sederhana harus membersihkan plat tembaga dan plat seng dengan ampelas sampai bersih.
  2. Lalu, potong plat tembaga dan plat seng menjadi 10×10 cm.
  3. Letakkan plat tembaga dan plat seng di atas kawat tembaga dan jepit dengan penjepit kertas.
  4. Isi wadah dengan asam sulfat dan celupkan plat tembaga dan plat seng ke dalam wadah tersebut selama 15 menit. Jangan lupa menggunakan sarung tangan dan kacamata.
  5. Setelah 15 menit, angkat plat tembaga dan plat seng dan bilas dengan air bersih sampai bersih.
  6. Angkat plat tembaga dan plat seng dan keringkan dengan kain lap.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Soto Bening Sederhana

Langkah 2: Membuat Sel Surya

Langkah kedua adalah membuat sel surya. Sel surya terdiri dari elektroda, kapas, dan kawat tembaga. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, sobat sederhana harus mengambil kapas secukupnya dan rendam dengan asam sulfat.
  2. Lalu, letakkan kapas di atas plat tembaga yang sudah dibuat tadi.
  3. Setelah itu, letakkan kawat tembaga di atas kapas dan jepit dengan penjepit kertas.
  4. Lalu, letakkan plat seng di atas kawat tembaga dan jepit dengan penjepit kertas.
  5. Terakhir, letakkan kapas di atas plat seng dan jepit dengan penjepit kertas.

Langkah 3: Uji Solar Cell

Langkah terakhir adalah menguji solar cell yang sudah dibuat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, sobat sederhana harus menghubungkan kabel dari kawat tembaga ke multimeter.
  2. Lalu, letakkan solar cell yang sudah dibuat ke bawah sinar matahari.
  3. Baca hasil yang ditunjukkan oleh multimeter.

Jika hasilnya menunjukkan angka positif, maka artinya solar cell berhasil dan dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga surya sederhana. Namun, jika hasilnya menunjukkan angka negatif, maka artinya solar cell gagal dan sobat sederhana harus memperbaikinya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu solar cell?

Solar cell atau panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

2. Apa bahan yang dibutuhkan untuk membuat solar cell?

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain plat tembaga, plat seng, asam sulfat, kapas, kawat tembaga, dan penjepit kertas.

3. Bagaimana cara membuat elektroda?

Langkah-langkah membuat elektroda antara lain membersihkan plat tembaga dan plat seng dengan ampelas, memotong plat tembaga dan plat seng menjadi 10×10 cm, meletakkan plat tembaga dan plat seng di atas kawat tembaga, menambahkan asam sulfat dalam wadah dan merendam plat tembaga dan plat seng selama 15 menit, dan mengangkat plat tembaga dan plat seng untuk dicuci dan dikeringkan.

TRENDING 🔥  Cara Melukis Rumah yang Sederhana

4. Bagaimana cara membuat sel surya?

Langkah-langkah membuat sel surya antara lain merendam kapas dengan asam sulfat, meletakkan kapas di atas plat tembaga, meletakkan kawat tembaga di atas kapas, meletakkan plat seng di atas kawat tembaga, dan meletakkan kapas di atas plat seng.

5. Bagaimana cara menguji solar cell?

Cara menguji solar cell antara lain menghubungkan kabel dari kawat tembaga ke multimeter, meletakkan solar cell ke bawah sinar matahari, dan membaca hasil yang ditunjukkan oleh multimeter.

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan energi surya sebagai sumber energi alternatif, kita dapat mengurangi penggunaan energi fosil yang tidak ramah lingkungan. Salah satu cara untuk memanfaatkan energi surya adalah dengan membuat panel surya atau solar cell sendiri. Dengan menggunakan plat tembaga, plat seng, asam sulfat, kapas, kawat tembaga, dan penjepit kertas, sobat sederhana dapat membuat solar cell pembangkit listrik tenaga surya panel sederhana. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Solar Cell: Pembangkit Listrik Tenaga Surya Panel Sederhana