Cara Membuat Slime dengan Bahan yang Sederhana

Halo sobat sederhana! Siapa yang tidak suka dengan slime? Mainan yang kenyal ini sangat populer di kalangan anak-anak hingga dewasa. Namun, mengapa harus membeli slime yang mahal jika kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan yang sederhana? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat slime dengan bahan yang sederhana. Yuk, simak dengan baik dan ikuti langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat slime, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan di bawah ini:

No.
Bahan
Jumlah
1
Lem PVA
150 mL
2
Sabun Cair
1 sendok makan
3
Tepung Maizena
2 sendok makan
4
Pewarna Makanan
Sesuai selera
5
Air
100 mL

Langkah-langkah Membuat Slime dengan Bahan yang Sederhana

Langkah 1: Campurkan Lem PVA dengan Sabun Cair

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan lem PVA dan sabun cair. Kamu dapat menggunakan wadah plastic atau mangkuk untuk mencampurnya. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata.

Langkah 2: Tambahkan Tepung Maizena

Selanjutnya, tambahkan tepung maizena ke dalam campuran lem PVA dan sabun cair. Aduk kembali hingga tercampur rata. Dalam tahap ini, kamu dapat menambahkan pewarna makanan untuk memberikan warna pada slime.

Langkah 3: Tuangkan Air

Tuangkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran dan aduk hingga tercampur rata. Pastikan tidak terlalu banyak air, karena akan membuat slime terlalu encer.

Langkah 4: Uleni Hingga Kental

Setelah semua bahan dicampurkan, kamu dapat menguleni campuran tersebut hingga teksturnya menjadi kental. Uleni sekitar 5-10 menit hingga slime tidak lengket lagi di tangan.

Langkah 5: Mainkan Slime

Slime siap dimainkan! Kamu bisa menyimpannya di tempat yang tertutup agar tidak cepat kering. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah bermain slime ya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat R1 dan L1 PUBG Sederhana dengan Dom Cantel

Tips dan Trik

1. Jangan memberikan slime ke anak-anak di bawah usia 3 tahun

Slime dapat menjadi bahaya jika tertelan oleh anak-anak di bawah usia 3 tahun. Pastikan slime dimainkan di bawah pengawasan orang dewasa.

2. Jangan menggunakan lem yang mengandung boraks

Lem yang mengandung boraks dapat membuat slime terlalu lengket dan berbahaya jika tertelan. Pastikan menggunakan lem PVA yang aman untuk anak-anak.

3. Tambahkan lotion untuk membuat slime lebih kenyal

Jika kamu ingin membuat slime lebih kenyal dan mudah dibentuk, bisa menambahkan sedikit lotion ke dalam campuran.

4. Simpan slime di tempat yang tertutup

Slime akan cepat kering jika tidak disimpan di tempat yang tertutup. Simpanlah slime dalam wadah plastic atau botol kaca yang rapat.

5. Gunakan pewarna makanan yang aman

Pastikan pewarna makanan yang digunakan aman untuk anak-anak. Jangan menggunakan pewarna yang terlalu banyak karena bisa membuat slime terlalu pekat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu slime?

Slime adalah mainan yang kenyal dan bisa dibentuk oleh tangan. Slime terbuat dari bahan-bahan seperti lem PVA, sabun cair, dan pewarna makanan.

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat slime?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat slime adalah lem PVA, sabun cair, tepung maizena, pewarna makanan, dan air.

3. Apa bahaya dari slime?

Slime dapat menjadi bahaya jika tertelan oleh anak-anak di bawah usia 3 tahun atau jika menggunakan lem yang mengandung boraks.

4. Berapa lama slime dapat digunakan?

Slime dapat digunakan selama beberapa minggu jika disimpan di tempat yang tertutup dan tidak terkena cahaya matahari langsung.

5. Apakah ada alternatif bahan untuk membuat slime?

Ya, ada. Kamu dapat menggunakan tepung jagung atau tepung kanji sebagai pengganti tepung maizena dalam membuat slime.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Comie Kopyok Sederhana

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat slime dengan bahan yang sederhana. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat slime sendiri di rumah. Pastikan menggunakan bahan-bahan yang aman dan mengikuti tips dan trik yang sudah disebutkan agar slime yang kamu buat menjadi lebih berkualitas. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Slime dengan Bahan yang Sederhana