Cara Membuat Sextant Sederhana – Jurnal Sobat Sederhana

Cara Membuat Sextant Sederhana – Jurnal Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat sextant sederhana. Sextant adalah alat navigasi yang digunakan untuk menentukan posisi kapal di laut dengan mengukur sudut antara bintang dan garis horizon. Meskipun terdengar rumit, pembuatan sextant sederhana sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dengan bahan yang murah dan mudah didapat. Mari kita mulai!

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai pembuatan sextant, pastikan kamu memiliki bahan-bahan berikut:

  • Gelas kaca bening
  • Penggaris
  • Sepotong kardus tebal
  • Aluminium foil
  • Spidol
  • Benang
  • Plastik mika transparan
  • Lem
  • Gunting

1.1 Cara Memilih Gelas Kaca yang Tepat

Untuk membuat sextant, kamu memerlukan gelas kaca bening yang berbentuk setengah lingkaran atau kurang lebih 120 derajat. Kamu bisa mendapatkan gelas kaca tersebut dari gelas ukur, gelas kimia, atau pecahan botol kaca. Pastikan gelas kaca yang kamu gunakan bening dan tidak terlalu tipis.

1.2 Cara Memilih Kardus yang Tepat

Pilihlah kardus yang tebal dan kuat untuk membuat bingkai untuk sextant. Kamu bisa menggunakan kardus bekas dari kotak sepatu atau kardus pengiriman.

2. Membuat Bingkai untuk Gelas Kaca

Langkah selanjutnya adalah membuat bingkai untuk gelas kaca. Berikut adalah langkah-langkahnya:

2.1 Menandai Kardus

Gambar lingkaran setengah pada kardus yang telah kamu sediakan menggunakan spidol. Ukuran lingkaran sekitar 120 derajat atau kurang lebih setengah dari kardus.

2.2 Memotong Kardus

Potong kardus menggunakan gunting mengikuti garis lingkaran yang telah kamu gambar. Potong dengan hati-hati agar tepat pada garis dan tidak terlalu besar atau kecil.

2.3 Melekatkan Aluminium Foil

Tempelkan lem pada potongan kardus lalu tempelkan aluminium foil pada kardus tersebut. Pastikan aluminium foil menutupi permukaan dalam kardus dan tidak ada bagian yang terlipat atau menggumpal.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Kolam Sederhana

3. Membuat Cermin dan Jurus

Cermin dan jurus adalah bagian terpenting dari sextant. Berikut adalah langkah-langkah membuat cermin dan jurus:

3.1 Memotong Plastik Mika

Potong plastik mika transparan dengan ukuran sekitar 5 x 10 cm.

3.2 Menempelkan Benang pada Plastik Mika

Tempelkan benang dengan panjang sekitar 15 cm pada plastik mika menggunakan lem atau selotip. Pastikan benang menempel pada plastik mika dengan rapi.

3.3 Membuat Jurus

Tempelkan plastik mika dan benang pada potongan kardus yang telah kamu buat sebelumnya. Pastikan benang berada di tengah-tengah kardus yang berlapis aluminium foil. Benang akan menjadi jurus pada sextant.

3.4 Memotong Aluminium Foil

Potong aluminium foil dengan ukuran sedikit lebih besar dari gelas kaca. Kira-kira 1 cm lebih besar di setiap sisinya.

3.5 Membuat Cermin

Letakkan potongan aluminium foil di atas gelas kaca dan rapatkan tepi aluminium foil ke sisi belakang gelas kaca. Pastikan aluminium foil menempel dengan rapi pada gelas kaca dan tidak ada udara yang terjebak di antara kaca dan aluminium foil. Aluminium foil akan menjadi cermin pada sextant.

4. Merakit Sextant

Setelah semua bahan siap, saatnya merakit sextant. Berikut adalah langkah-langkahnya:

4.1 Memasang Cermin dan Jurus

Tempatkan cermin di atas bingkai kardus yang telah kamu buat sebelumnya dan rapatkan tepi cermin ke tepi kardus dengan lem. Pastikan cermin terletak di tengah bingkai kardus dan tidak bergeser. Setelah itu, letakkan jurus pada bagian depan bingkai kardus dan rapatkan tepi jurus ke tepi kardus dengan lem. Pastikan lubang benang pada jurus berada di tengah-tengah cermin.

4.2 Memasang Gelas Kaca

Tempatkan gelas kaca di bagian belakang bingkai kardus dan rapatkan tepi gelas kaca ke tepi kardus dengan lem. Pastikan gelas kaca terletak di tengah bingkai kardus dan tidak bergeser. Setelah itu, rapatkan tepi kardus yang masih terbuka dengan lem. Biarkan selama beberapa jam agar lem kering dan set.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Sederhana

5. Cara Menggunakan Sextant Sederhana

Setelah sextant selesai dibuat, kamu bisa mencoba menggunakannya untuk mengukur sudut antara bintang dan garis horizon. Berikut adalah cara menggunakannya:

5.1 Menentukan Bintang yang Akan Diukur

Pilihlah bintang yang akan kamu ukur posisinya. Pastikan bintang tersebut sudah terlihat di langit malam. Kamu bisa menggunakan aplikasi ponsel atau situs web untuk membantu menentukan posisi bintang.

5.2 Mempersiapkan Sextant

Pastikan sextant telah terkalibrasi dengan benar. Caranya adalah dengan mengukur sudut antara dua objek yang telah diketahui posisinya. Misalnya antara bintang dan bulan. Lakukan pengukuran beberapa kali untuk memastikan hasilnya konsisten.

5.3 Mengukur Sudut

Saat bintang yang telah dipilih berada di atas garis horizon, letakkan sextant di tangan kananmu. Arahkan lubang benang pada jurus ke arah bintang tersebut. Lalu, lihat pada cermin hingga bintang terlihat di tengah-tengah lubang benang. Ukur sudut antara bintang dan garis horizon dengan menggunakan penggaris pada bagian belakang sextant.

FAQ Tentang Cara Membuat Sextant Sederhana

1. Apakah Sextant Sederhana Bisa Dipakai di Lautan?

Sextant sederhana yang dibuat sendiri dapat digunakan sebagai alat navigasi di laut. Namun, pastikan kamu telah melakukan kalibrasi dengan benar dan menguji alat tersebut sebelum digunakan di laut.

2. Apakah Bahan-bahan yang Digunakan Mahal?

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sextant sederhana sangat murah dan mudah didapat. Kamu bisa mencarinya di toko-toko peralatan rumah tangga atau toko online.

3. Apakah Dibutuhkan Keterampilan Khusus untuk Membuat Sextant?

Tidak, pembuatan sextant sederhana sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Yang penting adalah memiliki ketelitian dan kesabaran saat melakukan setiap tahap pembuatan.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat sextant sederhana yang dapat digunakan untuk menentukan posisi kapal di laut. Meskipun terlihat rumit, pembuatan sextant sederhana sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dengan bahan yang murah dan mudah didapat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, Sobat Sederhana!

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan File Sketchup

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Sextant Sederhana – Jurnal Sobat Sederhana