Cara Membuat Septic Tank Sederhana

Halo Sobat Sederhana, di artikel kali ini kita akan membahas tentang pembuatan septic tank sederhana. Sebuah septic tank merupakan sistem pengolah limbah cair yang digunakan di rumah-rumah yang tidak terhubung dengan sistem pembuangan air limbah publik. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat septic tank sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri. Mari kita mulai.

1. Pengertian Septic Tank

Septic tank adalah sebuah sistem pengolahan limbah cair yang memanfaatkan proses pengendapan anaerobik untuk memecah bahan organik dalam limbah cair. Limbah cair dari rumah tangga masuk dalam tangki tersebut dan proses alami akan menguraikan limbah menjadi air yang lebih bersih. Setelah proses penguraian selesai, air dapat dialirkan ke tanah.

Apa itu pengendapan anaerobik?

Pengendapan anaerobik adalah proses penguraian bahan organik dalam limbah cair dengan menggunakan bakteri anaerobik (yang tidak memerlukan oksigen) untuk merubah bahan organik menjadi gas dan endapan. Gas ini secara alami akan keluar dari tangki melalui pipa ventilasi dan endapan akan tertinggal di dasar tangki. Endapan ini harus dibuang secara berkala agar tidak menimbulkan masalah.

Kenapa Anda butuh septic tank?

Jika rumah Anda tidak terhubung dengan sistem pembuangan air limbah publik, maka penting bagi Anda untuk memiliki septic tank. Sebuah septic tank memungkinkan Anda untuk membuang limbah cair rumah tangga dengan aman dan efisien tanpa membahayakan lingkungan di sekitarnya.

2. Persiapan Membuat Septic Tank

Sebelum memulai pembuatan septic tank, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, antara lain:

Perkakas dan Bahan yang Dibutuhkan
Keterangan
Alat penggali (sekop)
Untuk menggali lubang septic tank
Beton precast
Sebagai dinding dan atap septic tank
Pasir
Sebagai alas septic tank
Besi beton
Sebagai pengikat beton precast
Pipa PVC
Sebagai pipa ventilasi dan pipa masuk-keluar limbah
Pasir, kerikil, dan tanah liat
Untuk menutupi septic tank
TRENDING 🔥  Cara Membuat Topeng Anonymous Sederhana dari Karton

Bagaimana cara memilih ukuran septic tank yang tepat?

Ukuran septic tank yang tepat tergantung pada jumlah orang yang tinggal di rumah. Berikut adalah panduan ukuran yang bisa Anda gunakan:

Jumlah Orang
Ukuran Tangki (liter)
1-2
1.000-1.500
3-5
2.000-2.500
6-8
3.000-3.500

3. Langkah-Langkah Membuat Septic Tank

Berikut adalah langkah-langkah membuat septic tank sederhana:

Langkah 1: Menentukan Lokasi

Tentukan lokasi septic tank yang akan dibangun. Pastikan lokasi ini jauh dari sumber air minum, sumur, dan sumber air lainnya. Lokasi septic tank juga harus tidak terlalu jauh dari rumah agar pipa pemasukan limbah tidak terlalu panjang.

Langkah 2: Menggali Lubang

Gunakan alat penggali (sekop) untuk menggali lubang septic tank. Lubang harus mempunyai kedalaman sekitar 2 meter dan lebar sekitar 1,5 meter. Pastikan dinding lubang rata dan permukaannya datar.

Langkah 3: Memasang Beton Precast

Masukkan beton precast ke dalam lubang. Beton ini akan menjadi dinding dan atap septic tank. Pastikan beton precast diletakkan dengan rata.

Langkah 4: Memasang Pipa Ventilasi

Pasang pipa ventilasi di atas atap septic tank. Pipa ventilasi ini berfungsi untuk mengeluarkan gas hasil penguraian limbah.

Langkah 5: Memasang Pipa Masuk-Keluar Limbah

Pasang pipa masuk-keluar limbah di dinding septic tank. Gunakan pipa PVC untuk pipa masuk-keluar limbah agar mudah dibentuk. Pastikan pipa ini terhubung dengan saluran masuk dan keluar rumah.

Langkah 6: Menutupi Septic Tank

Tutupi septic tank dengan lapisan pasir, kerikil, dan tanah liat. Pastikan septic tank tertutup rapat agar tidak ada bau busuk yang keluar.

4. Pertanyaan Umum

Apa yang harus dilakukan jika septic tank penuh?

Jika septic tank Anda sudah penuh, Anda harus memanggil tukang ledeng untuk membuang endapan yang ada di dalam septic tank. Ini sebaiknya dilakukan setiap 2-3 tahun sekali agar septic tank tetap berfungsi dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Buat Urap Sederhana untuk Sobat Sederhana

Bisakah saya membuat septic tank sendiri?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan Anda memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup mengenai konstruksi dan perencanaan septic tank. Anda juga harus mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku di daerah Anda.

Apakah septic tank membahayakan lingkungan?

Jika septic tank dibangun dengan benar dan dioperasikan dengan baik, maka tidak akan membahayakan lingkungan sekitar. Namun, endapan di dalam septic tank harus dibuang secara teratur agar tidak menimbulkan masalah.

5. Kesimpulan

Nah Sobat Sederhana, itulah langkah-langkah pembuatan septic tank sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri. Pastikan Anda melakukannya dengan benar dan mengikuti aturan dan regulasi yang berlaku di daerah Anda. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Septic Tank Sederhana