Cara Membuat Sensor Gerak Sederhana – Sobat Sederhana

Cara Membuat Sensor Gerak Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat sensor gerak sederhana. Sensor gerak adalah alat yang biasa digunakan untuk mendeteksi gerakan pada suatu objek dan memberikan sinyal keluaran ketika terjadi gerakan tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah pembuatan sensor gerak sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba sendiri di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai pembuatan sensor gerak, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang perlu disiapkan:

Bahan
Alat
Photo resistor
Soldering iron
Resistor 220 ohm
Soldering wire
LED
Breadboard
Baterai 9V
Jumper wire
Baterai clip
Scissors

Setelah semua bahan dan alat tersedia, kita dapat memulai pembuatan sensor gerak sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Memotong Kabel LED dan Photo Resistor

Langkah pertama adalah dengan memotong kabel LED dan photo resistor. Sobat Sederhana dapat memotongnya sepanjang 2,5 cm untuk masing-masing kabel.

H3: Menyolder Kabel pada Breadboard

Setelah memotong kabel LED dan photo resistor, selanjutnya adalah menyolder kabel tersebut pada breadboard. Pertama-tama, Sobat Sederhana dapat memasukkan kabel photo resistor pada lubang breadboard di sebelah kiri. Kemudian, Sobat Sederhana dapat memasukkan kabel LED pada lubang breadboard di sebelah kanan.

Setelah kabel LED dan photo resistor berhasil disolder pada breadboard, selanjutnya adalah menghubungkan antara kabel LED dan photo resistor. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghubungkan kedua kabel tersebut ke resistor 220 ohm yang disolder pada breadboard. Pastikan penghubungannya kuat dan rapat.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Merubah AC ke DC Motor

Langkah 3: Menambahkan Jumper Wire

Setelah hubungan antara kabel LED dan photo resistor berhasil dibuat, selanjutnya adalah menambahkan jumper wire pada breadboard. Jumper wire ini akan digunakan sebagai penghubung antara breadboard dengan baterai 9V dan baterai clip.

Langkah 4: Menyambungkan ke Baterai

Langkah terakhir adalah dengan menyambungkan breadboard ke baterai 9V dan baterai clip. Sobat Sederhana dapat menggunakan jumper wire untuk menghubungkan breadboard dengan baterai 9V dan baterai clip. Pastikan penghubungannya kuat dan rapat.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

  1. Apakah bisa menggunakan baterai AA atau AAA?
  2. Tidak bisa. Sensor gerak yang dibuat dalam artikel ini membutuhkan tegangan 9V yang hanya dapat diberikan oleh baterai 9V.

  3. Apakah bisa menggunakan resistor dengan nilai yang berbeda?
  4. Bisa, namun resistor dengan nilai 220 ohm disarankan agar LED tidak terlalu terang dan photo resistor dapat berfungsi lebih baik.

  5. Apakah bisa menambahkan sensor gerak lain?
  6. Bisa, namun diperlukan rangkaian yang lebih rumit dan tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan breadboard saja.

Nah, itulah tadi langkah-langkah untuk membuat sensor gerak sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat sensor gerak sendiri di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Sensor Gerak Sederhana – Sobat Sederhana