Cara Membuat Semur Tahu Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi resep cara membuat semur tahu sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Semur tahu adalah salah satu masakan yang mudah dibuat, namun memiliki cita rasa yang istimewa. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat semur tahu yang sederhana namun tetap enak. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

– 250 gram tahu putih
– 1/2 buah bawang bombay, diiris tipis
– 2 siung bawang putih, dihaluskan
– 2 lembar daun salam
– 2 buah cabai merah, diiris serong
– 200 ml air
– 2 sendok makan kecap manis
– 1/2 sendok teh garam
– 1/2 sendok teh gula pasir
– 1 batang serai, dimemarkan
– Minyak untuk menumis
– (Optional) 1/4 sendok teh merica bubuk

Langkah-langkah Membuat Semur Tahu Sederhana

1. Memasak Tahu

Langkah pertama adalah memasak tahu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memotong tahu menjadi beberapa bagian atau sesuai dengan selera. Kemudian, goreng tahu hingga berwarna kekuningan dan angkat. Setelah itu, sisihkan tahu di atas tissue dapur untuk menghilangkan sisa minyak.

2. Menumis Bawang

Selanjutnya, panaskan minyak pada wajan. Setelah minyak panas, tumis bawang bombay, bawang putih, dan daun salam hingga harum. Jangan lupa untuk sering diaduk agar bawang tidak gosong.

3. Masak Semur

Setelah bawang harum, kamu bisa masukkan tahu yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dan masukkan air, kecap manis, garam, gula pasir, cabai merah, dan serai. Aduk lagi hingga rata.

TRENDING 🔥  Cara Merakit Ampli Mini Sederhana

4. Tunggu Hingga Empuk

Setelah semua bahan tercampur rata, kamu bisa memasak semur selama 15-20 menit dengan api sedang. Pastikan semur sudah matang dan bumbu meresap sempurna ke dalam tahu. Tes rasa dan tambahkan merica bubuk jika suka.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Tahu yang Harus Digunakan?

Kamu bisa menggunakan tahu putih atau tahu kuning biasa. Pastikan tahu yang kamu gunakan tidak terlalu lembek sehingga mudah hancur saat digoreng.

2. Apakah Semur Tahu Bisa Disimpan?

Ya, semur tahu bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Namun, disarankan untuk segera dimakan dalam waktu 2-3 hari untuk menjaga kelezatan dan kesegarannya.

3. Apa saja Variasi Semur Tahu?

Ada banyak variasi semur tahu, kamu bisa menambahkan bahan-bahan seperti kentang, wortel, atau kacang merah. Kamu juga bisa menggunakan bumbu-bumbu lain sesuai selera, seperti pala atau kayu manis.

Penutup

Itulah cara membuat semur tahu sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang simpel, kamu bisa menikmati semur tahu yang enak dan lezat. Selamat mencoba, Sobat Sederhana! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Semur Tahu Sederhana