Cara Membuat Sempolan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka makanan ringan? Bagi kamu yang suka cemilan khas Indonesia, sempolan pasti sudah tidak asing lagi. Sempolan adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji dan gula jawa dengan tekstur yang renyah dan gurih. Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat sempolan sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sempolan sederhana ini:

Bahan
Jumlah
Tepung kanji
250 gram
Gula jawa, serut halus
150 gram
Santan kental
200 ml
Air daun pandan
200 ml
Salt
1/2 sdt
Minyak untuk menggoreng

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat sempolan sederhana ini.

Langkah-Langkah Membuat Sempolan Sederhana

Berikut ini langkah-langkah cara membuat sempolan sederhana:

1. Campurkan Bahan-Bahan

Campurkan tepung kanji, gula jawa, santan kental, air daun pandan, dan salt dalam sebuah wadah. Aduk rata sampai semua bahan tercampur dengan baik.

2. Panaskan Adonan

Panaskan adonan di atas api sedang sambil terus diaduk-aduk. Aduk terus hingga adonan mengental dan tidak lengket di tangan.

3. Bentuk Adonan

Setelah adonan matang, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil seukuran bola ping-pong. Letakkan adonan di atas wadah berisi tepung kanji agar tidak lengket satu sama lain.

4. Goreng Adonan

Panaskan minyak di atas api sedang. Goreng adonan sampai kuning kecoklatan dan mengapung di atas minyak. Angkat adonan dan tiriskan minyak dengan saringan atau tisu dapur.

5. Simpan dan Nikmati

Setelah sempolan sederhana matang, simpan di dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan nikmati sebagai camilan saat santai di rumah.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Baju dengan Mesin Sederhana

FAQ

Apa bedanya tepung kanji dengan tepung ketan?

Tepung kanji dan tepung ketan sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Tepung kanji terbuat dari umbi garut, sedangkan tepung ketan terbuat dari beras ketan. Tepung kanji biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue-kue tradisional Indonesia, sementara tepung ketan digunakan untuk membuat makanan seperti onde-onde atau ketan serundeng.

Apakah sempolan sederhana aman untuk dikonsumsi?

Sempolan sederhana aman untuk dikonsumsi selama bahan-bahan yang digunakan segar, bersih, dan diolah dengan baik. Pastikan juga untuk memasak sempolan sederhana hingga benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Berapa lama sempolan sederhana bisa disimpan?

Sempolan sederhana bisa disimpan di dalam wadah kedap udara selama beberapa hari. Namun, untuk menjaga kualitasnya, sebaiknya sempolan sederhana dimakan dalam waktu 2-3 hari setelah pembuatan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat sempolan sederhana yang mudah dan lezat untuk dijadikan camilan di rumah. Percayalah, membuat sempolan sederhana ini tidak perlu mahir dalam memasak. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu dapat membuat sempolan sederhana dengan mudah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sempolan Sederhana