Cara Membuat Sempol Mie Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kalian suka makanan yang berbahan dasar mie? Jika ya, kali ini kami akan memberikan resep cara membuat sempol mie sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Sempol mie merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia yang biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau camilan. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sempol mie, pastikan terlebih dahulu kalian sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti:

Bahan
Jumlah
Mie telur
200 gram
Tepung terigu
50 gram
Bawang putih (diiris halus)
2 siung
Garam
1 sendok teh
Merica bubuk
1/2 sendok teh
Air kaldu
500 ml
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan semua bahan dalam keadaan bersih dan terukur dengan tepat agar rasa sempol mie menjadi sempurna.

Cara Membuat

Langkah 1: Membuat adonan semprit

Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan mie telur yang sudah dipotong-potong kecil dengan tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Langkah 2: Membentuk sempol mie

Selanjutnya, bentuk adonan semprit yang sudah dibuat tadi menjadi bulat-bulat kecil seperti bola ping-pong. Setelah itu, rebus air dalam panci dan tunggu hingga mendidih. Masukkan bola-bola semprit kedalam panci berisi air mendidih dan tunggu hingga bola-bola tersebut mengapung. Angkat dan tiriskan.

Langkah 3: Membuat kuah kaldu

Setelah bola-bola semprit sudah diangkat dan ditiriskan, jangan langsung dimakan. Kita masih perlu membuat kuah kaldu sebagai pelengkap. Siapkan panci dan tumis bawang putih dengan minyak goreng hingga harum. Masukkan air kaldu kedalam panci dan tunggu hingga mendidih. Beri garam dan merica sesuai selera. Setelah itu, masukkan bola-bola semprit yang sudah ditiriskan tadi dan biarkan kuah mendidih kembali selama beberapa menit.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Membuat Blog Sederhana

Langkah 4: Sajikan

Setelah kuah kaldu sudah matang, angkat dan sajikan dalam mangkuk. Sempol mie siap dihidangkan sebagai camilan atau makanan ringan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan mie instan?

Ya, bisa menggunakan mie instan namun pastikan mie yang akan digunakan adalah mie yang sudah direbus atau dimasak terlebih dahulu.

2. Apakah bisa membuat kuah kaldu tanpa bola-bola semprit?

Bisa, kuah kaldu dapat dibuat tanpa bola-bola semprit namun tambahkan bahan lain seperti bakso atau tahu untuk pelengkapnya.

3. Apakah sempol mie cocok untuk menu makan siang?

Tentu, sempol mie sangat cocok dijadikan menu makan siang karena cukup mengenyangkan dan praktis dibawa ke mana saja.

Kesimpulan

Itulah cara membuat sempol mie sederhana yang dapat kalian praktikkan di rumah. Selain mudah dibuat, sempol mie juga cocok dijadikan camilan atau makanan ringan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sempol Mie Sederhana