Cara Membuat Selai Stroberi Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kali ini kami akan membahas cara membuat selai stroberi yang sederhana dan mudah untuk kamu coba di rumah. Selai stroberi adalah salah satu jenis selai buah yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan asam membuat selai ini cocok dijadikan sebagai topping makanan atau minuman, seperti roti, pancake, atau yoghurt. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, yuk kita mulai membuat selai stroberi sederhana!

Bahan-bahan:

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat selai stroberi sederhana:

Bahan
Jumlah
Stroberi
500 gram
Gula pasir
250 gram
Air jeruk nipis
2 sendok makan

Cara Membuat Selai Stroberi:

Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan untuk membuat selai stroberi sederhana:

1. Bersihkan stroberi

Bersihkan stroberi dengan air mengalir dan tiriskan. Setelah itu, potong-potong stroberi menjadi ukuran kecil-kecil agar mudah diolah.

2. Masak stroberi dan gula

Letakkan stroberi yang telah dipotong ke dalam panci. Tambahkan gula pasir dan air jeruk nipis. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga stroberi lembut dan cairan mengental. Aduk secara teratur agar tidak gosong.

3. Blender stroberi

Setelah stroberi matang, angkat dari panci dan masukkan ke dalam blender. Blender stroberi hingga halus dan bersih.

4. Masak lagi stroberi

Masukkan kembali stroberi yang telah diblender ke dalam panci dan masak lagi dengan api kecil hingga selai mengental dan tidak ada cairan yang keluar. Aduk teratur agar selai tidak gosong.

5. Sajikan selai stroberi

Angkat panci dari kompor dan dinginkan selai stroberi hingga suhu ruang. Setelah itu, kamu bisa menyimpan selai stroberi dalam wadah yang bersih dan kedap udara. Selai stroberi siap disajikan sebagai topping makanan atau minuman kesukaanmu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ayam Saus Sederhana

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan):

1. Bisa gak pakai blender?

Bisa. Kamu bisa memblender stroberi dengan menggunakan blender atau food processor. Namun, blender akan mempermudah proses blender dan selai akan lebih halus.

2. Bisakah gula diganti dengan pemanis buatan?

Bisa, namun rasa selai stroberi mungkin akan berbeda dengan gula asli. Kamu bisa mengganti gula dengan pemanis buatan seperti stevia atau xylitol.

3. Berapa lama selai stroberi bisa disimpan?

Jika disimpan dengan benar dalam wadah kedap udara, selai stroberi bisa bertahan hingga 3 minggu dalam suhu ruang. Namun, jika disimpan di dalam kulkas, selai bisa bertahan hingga 6 bulan.

4. Selai stroberi ini cocok untuk dijadikan sebagai topping apa saja?

Selai stroberi bisa dijadikan sebagai topping untuk roti tawar, pancake, waffle, yoghurt, atau kue tart. Selai stroberi juga bisa dicampur dengan whipped cream untuk membuat filling kue.

5. Bisakah selai stroberi dibuat tanpa gula?

Bisa, namun kamu harus menambahkan pemanis buatan atau madu agar selai stroberi tidak terlalu asam. Selai stroberi tanpa gula juga tidak akan bertahan lama dan harus disimpan di dalam kulkas.

Nah, itu tadi Sobat Sederhana, lima tahap mudah dalam membuat Selai Stroberi Sederhana. Kamu sudah siap mencoba membuat selai stroberi di rumah? Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Selai Stroberi Sederhana