Cara Membuat Seblak Sederhana Rumahan untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Seblak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang semakin populer belakangan ini. Terbuat dari kerupuk basah yang direbus bersama bumbu-bumbu pedas, seblak sangat cocok dinikmati di waktu santai atau sebagai camilan saat nongkrong bersama teman. dalam artikel ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat seblak sederhana rumahan yang mudah diikuti. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat seblak, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan-Bahan
Jumlah
Kerupuk Basah
100 gram
Cabe Garam
5 buah
Cabe Rawit
10 buah
Bawang Putih
3 siung
Bawang Merah
2 siung
Daun Jeruk
2 lembar
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Air
1000 ml

Dengan menyiapkan semua bahan, proses membuat seblak akan lebih mudah dan lancar.

2. Iris Bawang dan Cabe

Langkah selanjutnya adalah mengiris bawang putih, bawang merah, dan cabe garam. Anda bisa memotongnya sesuai dengan selera, misalnya memotong bawang putih dan bawang merah dengan ukuran kecil-kecil dan cabe garam dengan ukuran sedang atau besar. Irisan bahan-bahan tersebut akan digunakan sebagai bumbu seblak.

3. Tumis Bumbu

Panaskan minyak di wajan, kemudian masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris tadi. Tumis hingga harum dan layu. Setelah itu, masukkan cabe rawit dan cabe garam, lalu tumis kembali hingga bahan-bahan tercampur rata.

4. Masukkan Air

Setelah bumbu sudah harum, masukkan air dan daun jeruk ke dalam wajan. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk-aduk hingga bahan-bahan tercampur rata dan air mendidih.

5. Masukkan Kerupuk Basah

Selanjutnya, masukkan kerupuk basah ke dalam wajan. Anda bisa memotong kerupuk sesuai dengan selera. Aduk-aduk hingga kerupuk basah meresap bumbu dan teksturnya lembut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bumbu Steak Sederhana

6. Sajikan Seblak

Setelah semua bahan tercampur rata, seblak siap disajikan. Tuang seblak ke dalam mangkuk, lalu taburi daun bawang iris sebagai hiasan. Seblak sederhana rumahan sudah siap dinikmati!

FAQ

1. Apakah Ada Bahan Lain yang Bisa Ditambahkan ke Dalam Seblak?

Tentu saja. Anda bisa menambahkan telur, daging ayam, atau tahu sebagai varian lain dalam membuat seblak. Be creative!

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Seblak Terlalu Pedas?

Jika seblak terlalu pedas, tambahkan sedikit air ke dalam wajan dan cicipi kembali rasa bumbunya. Kalau masih terlalu pedas, tambahkan gula atau tambahkan kerupuk basah untuk menetralkan rasa pedasnya.

3. Bagaimana Cara Mengolah Kerupuk Basah?

Kerupuk basah sebelum dimasak harus diiris-iris terlebih dahulu agar lebih mudah dimasak dan lebih mudah meresap bumbu. Gunakan pisau tajam untuk mengirisnya dengan ukuran yang disesuaikan dengan selera.

4. Apakah Seblak Bisa Disimpan dalam Kulkas?

Seblak sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas karena akan membuat kerupuk basahnya menjadi lembek. Seblak sebaiknya dimakan saat masih hangat.

5. Apakah Ada Alternatif Bahan Selain Kerupuk Basah?

Ya, selain kerupuk basah, Anda juga bisa menggunakan mie instan atau bihun sebagai bahan pengganti. Akan tetapi, penggunaan kerupuk basah memberikan rasa yang lebih unik dan khas dalam seblak.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Seblak Sederhana Rumahan untuk Sobat Sederhana