Cara Membuat Seblak Mie Kerupuk Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini, kita akan belajar cara membuat seblak mie kerupuk sederhana yang enak dan mudah dibuat di rumah. Mau tahu caranya? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat seblak mie kerupuk sederhana, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

1.
Mie kering sebanyak 1 bungkus.
2.
Kerupuk bawang sebanyak 1 genggam.
3.
Cabe rawit merah sebanyak 5 buah.
4.
Bawang putih sebanyak 3 siung.
5.
Bawang merah sebanyak 5 siung.
6.
Kecap manis sebanyak 3 sendok makan.
7.
Garam secukupnya.
8.
Gula merah secukupnya.
9.
Air secukupnya.
10.
Minyak goreng secukupnya.

Nah, setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatannya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Langkah Membuat Seblak Mie Kerupuk Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan seblak mie kerupuk sederhana:

1. Menggoreng Kerupuk Bawang

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggoreng kerupuk bawang hingga matang dan renyah. Caranya cukup mudah, yaitu panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng kerupuk bawang hingga matang dan renyah. Setelah itu, tiriskan kerupuk bawang dan sisihkan.

2. Merebus Mie Kering

Setelah kerupuk bawang dimatangkan, langkah selanjutnya adalah merebus mie kering. Caranya cukup mudah, yaitu rebus mie kering dalam air mendidih hingga empuk. Setelah mie empuk, angkat dan tiriskan.

3. Membuat Bumbu Halus

Selanjutnya, haluskan cabe rawit merah, bawang putih, dan bawang merah dengan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air agar bumbu lebih mudah dihaluskan.

4. Menumis Bumbu Halus

Setelah bumbu halus siap, langkah selanjutnya adalah menumis bumbu hingga harum. Caranya cukup mudah, yaitu panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bumbu halus hingga harum.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saringan Air Sederhana

5. Menambahkan Kecap Manis

Setelah bumbu halus harum, tambahkan kecap manis ke dalam adonan bumbu. Aduk rata dan tunggu hingga kecap meresap sempurna.

6. Menambahkan Air

Setelah kecap meresap sempurna, tambahkan air secukupnya ke dalam adonan bumbu. Aduk rata dan biarkan hingga mendidih.

7. Memasukkan Mie Kering dan Kerupuk Bawang

Setelah adonan bumbu mendidih, masukkan mie kering dan kerupuk bawang ke dalam adonan. Aduk rata dan biarkan sebentar hingga semua bahan tercampur sempurna.

8. Memasak Seblak Mie Kerupuk Sederhana

Setelah semua bahan tercampur sempurna, langkah terakhir adalah memasak seblak mie kerupuk sederhana hingga matang. Caranya cukup mudah, yaitu masak seblak dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar tidak gosong.

Selamat! Seblak Mie Kerupuk Sederhana siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya dengan meletakkan seblak di mangkuk dan menaburkan bawang goreng di atasnya. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat Seblak Mie Kerupuk Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat Seblak Mie Kerupuk Sederhana sekitar 30-40 menit, tergantung kecepatan dan keterampilan kamu dalam memasak.

2. Bisakah Menggunakan Mie Basah?

Tentu saja, kamu bisa menggunakan mie basah jika tidak memiliki mie kering. Namun, pastikan kamu merebus mie basah terlebih dahulu hingga empuk sebelum dimasukkan dalam adonan seblak.

3. Apa Saja Bahan Pengganti Kerupuk Bawang?

Jika kamu tidak menyukai kerupuk bawang, kamu bisa menggantinya dengan kerupuk mie, kerupuk kulit, atau kerupuk udang.

4. Bisakah Menambahkan Bahan Lain?

Tentu saja, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti potongan sosis, bakso, atau telur ceplok sesuai selera. Namun, pastikan kamu menyesuaikan takaran bumbu agar terasa seimbang.

TRENDING 🔥  Langkah Langkah Cara Membuat Undangan Sederhana

5. Bagaimana Cara Menghindari Seblak Mie Kerupuk Sederhana dari Kehilangan Rasa?

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar Seblak Mie Kerupuk Sederhana tidak kehilangan rasanya, yaitu jangan terlalu banyak menambahkan air pada adonan, gunakan api sedang saat memasak, dan pastikan semua bahan tercampur sempurna.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Seblak Mie Kerupuk Sederhana