Cara Membuat Seblak Enak Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka seblak? Seblak adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang paling digemari. Seperti yang kita ketahui, seblak adalah makanan pedas yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan aneka bumbu dan sayuran. Seblak juga bisa diisi dengan daging atau seafood. Namun, ternyata membuat seblak enak dan sederhana tidaklah sulit. Yuk, mari kita simak cara membuat seblak enak sederhana berikut ini!

1. Siapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai proses memasak seblak, Sobat Sederhana harus mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan
Jumlah
Kerupuk Basah
1 bungkus
Bawang Putih
3 siung
Bawang Merah
2 siung
Cabe Rawit
5 buah
Daun Jeruk
2 lembar
Sayuran (kol, sawi, wortel)
secukupnya
Air
300 ml
Bawang Goreng
secukupnya

Pastikan semua bahan telah tersedia sebelum memulai proses memasak seblak.

2. Iris-iris Bahan-bahan

Selanjutnya, setelah semua bahan tersedia, iris-iris bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan sayuran sesuai dengan keinginan Sobat Sederhana. Gunakan pisau yang tajam untuk mempermudah proses irisan. Pisahkan juga daun jeruk dari tangkainya untuk memberikan aroma yang sedap pada seblak.

3. Tumis Bumbu-bumbu

Panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit hingga harum. Masukkan juga daun jeruk yang telah dipotong-potong. Aduk rata hingga bumbu-bumbu tersebut tercampur sempurna.

4. Masukkan Sayuran

Setelah bumbu-bumbu tercampur sempurna, masukkan sayuran ke dalam wajan. Tambahkan sedikit air dan aduk rata. Tunggu hingga sayuran matang dan tidak terlalu layu.

5. Masukkan Kerupuk Basah

Selanjutnya, masukkan kerupuk basah ke dalam wajan. Tambahkan air secukupnya agar kerupuk basah lembut dan tidak terlalu keras. Aduk rata hingga kerupuk basah tercampur dengan bumbu-bumbu dan sayuran.

TRENDING 🔥  Cara Buat Umbaran LB Sederhana

6. Sajikan Seblak

Setelah semua bahan tercampur sempurna, seblak siap untuk disajikan. Taburi bawang goreng di atas seblak sebagai pelengkap. Seblak enak dan sederhana siap untuk dinikmati!

FAQ

1. Apa itu kerupuk basah?

Kerupuk basah adalah jenis kerupuk yang dibuat dari bahan tepung aci dan air. Kerupuk ini diisi dengan udang, ayam, atau daging sapi.

2. Bisa tidak menambahkan daging atau seafood?

Tentu saja bisa. Seblak juga bisa diisi dengan sayuran saja atau bahkan tidak menggunakan kerupuk basah.

3. Apakah seblak selalu pedas?

Seblak memang terkenal dengan rasa pedasnya. Namun, Sobat Sederhana bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan selera masing-masing.

4. Bisakah sayuran diganti dengan yang lain?

Tentu saja bisa. Sobat Sederhana bisa menggunakan sayuran lain seperti kubis, jagung, atau kacang panjang.

5. Bagaimana cara membuat seblak lebih gurih?

Sobat Sederhana bisa menambahkan kaldu ayam atau sapi saat memasak seblak untuk memberikan rasa yang lebih gurih.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Seblak Enak Sederhana