Cara Membuat Seblak Ceker Sederhana

Hello Sobat Sederhana, siapa yang tidak kenal dengan seblak? Makanan yang satu ini memang memiliki cita rasa yang khas dan sudah menjadi favorit banyak orang. Apalagi jika seblak tersebut ditambah dengan ceker ayam yang gurih dan lezat. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat seblak ceker sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Simak terus ya Sobat Sederhana.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita masuk ke cara membuat seblak ceker sederhana, ada baiknya kita menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Seblak instan
1 bungkus
Ceker ayam
250 gram
Air
500 ml
Bawang merah
5 buah
Bawang putih
3 siung
Cabe rawit
10 buah
Tomat
1 buah
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Kecap manis
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Dengan bahan-bahan tersebut, kamu sudah bisa mulai membuat seblak ceker sederhana. Mari kita ikuti langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Membuat Seblak Ceker Sederhana

1. Rebus Ceker Ayam

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merebus ceker ayam sampai empuk. Kamu bisa menggunakan panci atau rice cooker yang dilengkapi dengan fungsi merebus. Jangan lupa tambahkan sedikit garam agar ceker ayam lebih bercitarasa. Setelah empuk, angkat ceker ayam dan tiriskan.

2. Iris Bahan-Bahan Utama

Saat ceker ayam direbus, kamu bisa mulai mempersiapkan bahan-bahan utama. Iris bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan tomat menurut selera. Kemudian, haluskan bawang merah dan bawang putih dengan ulekan atau blender.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Kemudian, masukkan irisan bahan-bahan utama, yaitu cabe rawit dan tomat. Aduk rata sampai tomat layu dan cabai hingga matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Ulang Tahun Kukus Sederhana

4. Masukkan Ceker Ayam

Tambahkan ceker ayam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit. Jangan lupa tambahkan sedikit gula dan garam. Kamu juga bisa menambahkan kecap manis agar seblak ceker lebih gurih dan nikmat.

5. Masak Seblak Instan

Selanjutnya, masukkan seblak instan ke dalam wajan. Tambahkan air dan aduk rata. Masak hingga air menyusut dan seblak matang sempurna. Pastikan rasa seblak ceker sudah pas sebelum dihidangkan.

FAQ Seputar Seblak Ceker Sederhana

1. Apakah Seblak Ceker Sulit Dibuat?

Tidak sulit. Seblak ceker sederhana bisa dibuat dengan mudah di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

2. Bisa Saja Menggunakan Seblak Biasa Tanpa Instan?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan seblak biasa sebagai pengganti seblak instan. Namun, pastikan seblak tersebut sudah dikukus atau direbus sebelum dimasukkan ke dalam wajan.

3. Apakah Boleh Menggunakan Bumbu Instan?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan bumbu instan untuk membuat seblak ceker sederhana. Namun, pastikan rasa bumbu sudah sesuai dengan selera.

4. Bisa Ditambahkan Bahan Lain Selain Ceker Ayam?

Tentu saja. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti telur, sosis, atau daging sapi sesuai dengan selera. Namun, pastikan bahan tersebut telah dimasak terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam wajan.

5. Bagaimana Memperoleh Rasa yang Lebih Pedas?

Jika kamu ingin seblak ceker lebih pedas, maka kamu bisa menambahkan jumlah cabe rawit atau menggunakan cabe jenis yang lebih pedas. Namun, pastikan rasa pedas sudah pas dan tidak terlalu menyengat.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara membuat seblak ceker sederhana yang dapat kamu coba di rumah. Seblak ceker ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan saat santai bersama keluarga atau teman-teman. Yuk, coba segera di rumah dan rasakan sensasi pedas dan gurih dari seblak ceker sederhana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Konro Sederhana

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Seblak Ceker Sederhana