Cara Membuat Sate Goreng Sederhana

Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan sate goreng? Hidangan yang satu ini memang tidak pernah lekang oleh waktu dan selalu menyajikan kenikmatan yang luar biasa. Sate goreng juga sangat cocok untuk disantap kapan saja dan di mana saja. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat sate goreng sederhana yang bisa Sobat coba di rumah. Berikut adalah resep dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat sate goreng sederhana ini, Sobat membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Nama Bahan
Jumlah
Ayam fillet
500 gram
Bawang putih
3 siung
Ketumbar bubuk
1 sendok teh
Gula pasir
1 sendok makan
Garam
1 sendok teh
Kecap manis
3 sendok makan
Tepung terigu
2 sendok makan
Tepung beras
2 sendok makan
Air matang
100 ml
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah Membuat Sate Goreng Sederhana

1. Cuci Ayam dan Potong-potong

Langkah pertama yang harus Sobat lakukan adalah mempersiapkan ayam fillet. Cuci ayam dengan air mengalir hingga bersih dan tiriskan. Potong-potong sesuai selera, kemudian masukkan ke dalam wadah.

2. Haluskan Bumbu

Haluskan bawang putih, gula pasir, ketumbar bubuk, dan garam menggunakan blender atau ulekan hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan kecap manis dan air matang.

3. Lumuri Ayam dengan Bumbu

Lumuri potongan ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Pastikan merata hingga semua potongan terlapisi bumbu dengan sempurna. Diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap dan daging ayam menjadi lebih empuk.

4. Siapkan Adonan Tepung

Campurkan tepung terigu dan tepung beras dalam satu wadah. Tambahkan sedikit air matang dan aduk rata hingga membentuk adonan yang kental. Sisihkan adonan tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Sampul CD

5. Goreng Ayam

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Ambil satu potongan ayam dan celupkan ke dalam adonan tepung hingga seluruh permukaannya tertutup adonan. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Frequently Asked Questions

1. Bisa Gak Sih Mengganti Ayam dengan Daging Lain?

Tentu saja bisa. Sobat bisa mengganti ayam dengan daging sapi atau daging kambing sesuai selera. Namun, perlu diingat bahwa waktu penggorengan bisa berbeda tergantung jenis daging yang dipilih.

2. Apakah Harus Menggunakan Tepung Beras?

Ya, penggunaan tepung beras akan membuat adonan lebih kriuk dan renyah. Namun, jika tidak ada tepung beras, Sobat bisa menggantinya dengan tepung terigu saja.

3. Bagaimana Cara Menghindari Minyak Meletus Saat Menggoreng?

Untuk menghindari minyak meletus saat menggoreng, jangan terlalu banyak mengisi wajan dengan minyak. Pastikan juga ayam sudah kering dari air sebelum digoreng dan jangan menggoreng dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

4. Bisa Gak Sih Menambahkan Bahan Lain Seperti Sayuran?

Tentu saja bisa. Sobat bisa menambahkan bahan lain seperti irisan bawang bombay atau paprika saat memasak bumbu atau menambahkan irisan sayuran seperti wortel atau kacang polong saat menggoreng sate. Hal ini akan menambahkan rasa yang lebih segar dan kaya akan nutrisi.

5. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Sate Goreng?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sate goreng sederhana ini adalah sekitar 1 jam dan 30 menit, termasuk waktu persiapan dan penggorengan. Namun, jika memasak dalam jumlah yang lebih besar, waktu bisa lebih lama.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sate Goreng Sederhana