Cara Membuat Sapo Tahu Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat sapo tahu yang sederhana namun lezat. Sapo tahu adalah makanan khas Tionghoa yang sudah sangat populer di Indonesia. Biasanya disajikan dengan sayuran seperti wortel, seledri dan bunga sedap malam dan disiram dengan saus kental pedas. Bagi yang menyukai masakan pedas, sapo tahu sangat cocok untuk dicoba. Yuk, kita mulai belajar membuatnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Sapo Tahu

Sebelum memulai proses memasak sapo tahu, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tahu putih
500 gram
Wortel
1 buah
Seledri
1 ikat
Bunga sedap malam
5 kuntum
Bawang bombay
1 buah
Bawang putih
3 siung
Cabe merah besar
3 buah
Cabe rawit
5 buah
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Minyak sayur
secukupnya
Air
500 ml

Langkah-langkah Membuat Sapo Tahu Sederhana

1. Potong-potong Tahu

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus memotong-motong tahu putih menjadi dadu kecil. Ukuran dadu bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Setelah itu, tahu yang sudah dipotong bisa ditaburi dengan sedikit garam dan digoreng dalam minyak panas. Goreng hingga tahu berubah warna menjadi kecokelatan. Angkat dan tiriskan tahu dari minyak.

2. Potong-potong Sayuran

Setelah tahu, Sobat Sederhana harus memotong-motong sayuran yang akan dipakai. Wortel dipotong menjadi dadu kecil, seledri dipotong serong, dan bunga sedap malam dipetik dari tangkainya. Bawang bombay dan bawang putih diiris tipis, sedangkan cabe merah dan cabe rawit dipotong-potong kecil.

3. Tumis Bahan-bahan

Selanjutnya, tumis bawang bombay dan bawang putih dalam minyak yang telah dipanaskan hingga harum. Setelah itu, masukkan cabe merah besar dan cabe rawit yang sudah dipotong-potong kecil. Tumis hingga cabe merah layu.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Motong Lensa Kaca Mata

4. Masukkan Sayuran

Setelah bahan-bahan yang sudah ditumis tercium aroma yang harum, masukkan sayuran yang sudah dipotong tadi yaitu wortel, seledri dan bunga sedap malam. Aduk rata dan masak hingga sayuran setengah matang.

5. Tambahkan Air

Setelah sayuran sudah setengah matang, tambahkan air secukupnya dan aduk rata. Tunggu hingga air mendidih dan sayuran matang sempurna.

6. Masukkan Tahu

Setelah sayuran matang sempurna, masukkan tahu yang sudah digoreng tadi ke dalam adonan sayuran. Aduk rata dan biarkan beberapa saat hingga semua bahan tercampur merata dan matang sempurna. Jangan lupa tambahkan garam dan gula pasir secukupnya agar rasa sapo tahu lebih enak.

7. Sajikan Sapo Tahu

Sapo tahu sudah siap disajikan. Anda bisa menambahkan bawang goreng atau irisan daun bawang sebagai garnish. Sapo tahu enak disajikan selagi hangat dan cocok dijadikan menu makan siang atau malam.

FAQ tentang Cara Membuat Sapo Tahu

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sapo tahu?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sapo tahu sekitar 30 – 45 menit tergantung pada kecepatan memotong-motong bahan dan menggoreng tahu.

2. Apa yang harus dilakukan jika sapo tahu terlalu pedas?

Jika sapo tahu terlalu pedas, bisa ditambahkan gula pasir secukupnya untuk menetralkan rasa pedasnya.

3. Bahan apa saja yang bisa ditambahkan ke dalam sapo tahu?

Selain sayuran seperti wortel, seledri dan bunga sedap malam, Sobat Sederhana bisa menambahkan jamur atau udang ke dalam sapo tahu untuk rasa yang lebih beragam.

4. Apa yang harus dilakukan jika tahu menjadi hancur saat digoreng?

Tahu yang sering menjadi hancur saat digoreng biasanya terlalu basah. Pastikan tahu sudah dikeringkan dengan lap kain atau tissue sebelum digoreng agar tahu tidak terlalu basah dan hancur saat digoreng.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sertifikat Sederhana di Corel untuk Sobat Sederhana

5. Apa yang harus dilakukan jika sayuran menjadi terlalu layu?

Jika sayuran menjadi terlalu layu saat dimasak, bisa ditambahkan air secukupnya dan diaduk rata agar sayuran tidak gosong dan tetap matang secara merata.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Nah, itu tadi cara mudah membuat sapo tahu sederhana untuk Sobat Sederhana. Semoga resep ini dapat bermanfaat untuk menambah variasi masakan Anda di rumah. Jangan lupa untuk mengikuti artikel menarik lainnya hanya di situs ini. Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Cara Membuat Sapo Tahu Sederhana untuk Sobat Sederhana