Cara Membuat Sambal Goreng Ati Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat sambal goreng ati sederhana. Sambal goreng ati adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terbuat dari hati ayam yang digoreng dan diresapi dengan bumbu-bumbu yang pedas dan nikmat. Hidangan ini cocok disajikan sebagai lauk pembantu saat makan siang atau malam.

Bahan-bahan Sambal Goreng Ati Sederhana

Sebelum memulai membuat hidangan ini, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng ati sederhana:

Bahan
Jumlah
Hati ayam
250 gram
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabai merah
5 buah
Cabai hijau
3 buah
Santan
200 ml
Air
100 ml
Garam
secukupnya
Gula merah
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Sambal Goreng Ati Sederhana

Setelah semua bahan-bahan dikumpulkan, maka Sobat Sederhana dapat memulai membuat sambal goreng ati sederhana dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Bersihkan Hati Ayam

Bersihkan hati ayam dari kotoran atau bagian yang tidak diinginkan. Kemudian potong-potong hati ayam menjadi ukuran yang diinginkan.

2. Iris Bawang Merah dan Bawang Putih

Iris bawang merah dan bawang putih sesuai dengan selera. Kemudian tumis bawang merah dan bawang putih dengan minyak goreng hingga harum.

3. Tambahkan Cabai Merah dan Cabai Hijau

Tambahkan cabai merah dan cabai hijau yang sudah diiris tipis ke dalam tumisan bawang merah dan bawang putih. Aduk rata dan masak hingga cabai layu.

4. Masukkan Hati Ayam

Setelah cabai layu, masukkan potongan hati ayam ke dalam tumisan. Aduk rata dan masak hingga hati ayam berubah warna dan matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Wedang Ronde Jahe Sederhana

5. Tambahkan Garam dan Gula Merah

Tambahkan garam dan gula merah secukupnya ke dalam tumisan hati ayam. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam hati ayam.

6. Tambahkan Santan dan Air

Tambahkan santan dan air ke dalam tumisan hati ayam. Aduk rata dan masak hingga santan mengental dan kuah meresap ke dalam hati ayam.

7. Sajikan

Sambal goreng ati sederhana siap disajikan sebagai lauk pembantu. Hidangan ini cocok disajikan bersama nasi putih dan lauk pauk lainnya.

FAQ

Apa Saja Tips Agar Sambal Goreng Ati Sederhana Tidak Pahit?

Agar sambal goreng ati sederhana tidak pahit, gunakan hati ayam yang masih segar. Bersihkan hati ayam dari bagian yang tidak diinginkan dan rendam dalam air jeruk nipis selama 5-10 menit sebelum digoreng. Hal ini dapat menghilangkan bau amis dan mengurangi rasa pahit pada hati ayam.

Berapa Lama Sambal Goreng Ati Sederhana Tahan dalam Kulkas?

Sambal goreng ati sederhana dapat disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Pastikan memasukkan hidangan ke dalam wadah kedap udara sebelum disimpan dalam kulkas.

Apa Saja Variasi Sambal Goreng Ati Selain Sambal Goreng Ati Sederhana?

Sambal goreng ati memiliki banyak variasi di Indonesia. Beberapa variasi sambal goreng ati yang populer di antaranya sambal goreng ati pedas, sambal goreng ati kecap, dan sambal goreng ati pete.

Kesimpulan

Demikian cara membuat sambal goreng ati sederhana yang mudah dan praktis. Sobat Sederhana dapat mencoba resep ini di rumah dan menikmati hidangan khas Indonesia yang pedas dan nikmat. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sambal Goreng Ati Sederhana