Cara Membuat Sambal Bawang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian suka makan sambal? Sambal memang menjadi pelengkap makanan yang paling digemari di Indonesia. Salah satu jenis sambal yang paling terkenal adalah sambal bawang. Sambal bawang yang pedas dan sedap ini sangat enak dinikmati bersama dengan nasi putih dan lauk.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal bawang, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal bawang sederhana ini adalah:

Bahan
Jumlah
Bawang merah
10 siung
Cabai merah keriting
10 buah
Tomat
1 buah
Gula merah
1/2 sendok makan
Garam
secukupnya
Air asam jawa
2 sendok makan

Dengan bahan-bahan di atas, kita bisa membuat sambal bawang yang pedas dan sedap. Berikut adalah langkah-langkah membuat sambal bawang yang sederhana.

Langkah-langkah Membuat Sambal Bawang Sederhana

1. Persiapan Bahan

Langkah pertama dalam membuat sambal bawang adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Kupaslah bawang merah dan iris tipis-tipis. Potong cabai merah keriting menjadi potongan kecil-kecil. Tomat juga perlu dipotong-potong kecil.

2. Tumis Bawang dan Cabai

Panaskan sedikit minyak di atas wajan. Tumis bawang merah dan cabai merah keriting sampai harum. Tambahkan potongan tomat dan aduk-aduk hingga merata.

3. Tambahkan Gula dan Garam

Tambahkan gula merah dan garam secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata.

4. Tambahkan Air Asam Jawa

Tambahkan air asam jawa ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sampai sambal matang sempurna dan berbentuk pasta. Cicipi rasanya, tambahkan gula atau garam jika diperlukan.

5. Sajikan

Setelah matang, sambal bawang siap untuk disajikan. Nikmati sambal bawang yang sedap ini bersama dengan nasi putih dan lauk kesukaan kamu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pomad Sederhana Untuk Tampil Gaya

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama sambal bawang bisa bertahan?

Sambal bawang bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan di dalam kulkas.

2. Apa yang bisa dilakukan jika sambal terlalu pedas?

Jika sambal terlalu pedas, tambahkan sedikit gula atau perasan air jeruk nipis ke dalam sambal untuk mengurangi rasa pedasnya.

3. Dapatkah sambal bawang dijadikan bahan masakan?

Tentu saja, sambal bawang bisa dijadikan bahan masakan untuk menambahkan cita rasa pedas pada masakan.

4. Bisakah bahan-bahan sambal bawang diganti dengan yang lain?

Ya, bahan-bahan sambal bawang bisa diganti dengan bahan lain yang sesuai dengan selera. Misalnya, cabai merah keriting bisa diganti dengan cabai rawit jika ingin lebih pedas.

5. Apa yang bisa dimakan bersama dengan sambal bawang?

Sambal bawang cocok dimakan bersama dengan nasi putih dan lauk apa saja, seperti ayam goreng, ikan bakar, atau tahu tempe goreng.

Kesimpulan

Itulah cara membuat sambal bawang sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara membuat yang sederhana, kamu bisa menikmati sambal bawang yang pedas dan sedap ini kapan saja. Jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat kepedasan sambal dengan selera kamu. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sambal Bawang Sederhana