Cara Membuat Roti India Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat roti India yang sederhana dan lezat. Roti India merupakan salah satu jenis roti yang paling populer di seluruh dunia. Roti ini biasanya disajikan dengan berbagai hidangan India seperti kari, dhal dan sajian lainnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat roti India, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Garam
1 sendok teh
Minyak sayur
1 sendok makan
Air hangat
150 ml
Gula pasir
1 sendok teh

Pastikan semua bahan yang diperlukan sudah tersedia sebelum memulai membuat roti India sederhana ini.

Cara Membuat Roti India Sederhana

1. Campurkan Tepung Terigu dan Garam

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan garam di dalam sebuah mangkuk. Aduk kedua bahan tersebut menggunakan sendok atau spatula hingga merata.

2. Tambahkan Minyak Sayur

Selanjutnya, tambahkan minyak sayur ke dalam campuran tepung terigu dan garam tersebut. Aduk kembali hingga tercampur rata.

3. Tambahkan Air Hangat

Setelah itu, tambahkan air hangat ke dalam campuran tepung terigu dan minyak sayur. Aduk kembali hingga tercampur rata. Pastikan adonan tidak terlalu kering atau terlalu basah.

4. Diamkan Adonan

Sekarang saatnya diamkan adonan selama 15 menit hingga adonan mengembang dan menjadi lebih elastis. Diamkan adonan di tempat yang hangat dan tidak terkena angin.

5. Bagi Adonan

Setelah adonan mengembang, bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulat dan tekan sedikit dengan tangan.

6. Giling Adonan

Giling adonan menggunakan rolling pin hingga tipis dan bulat. Pastikan adonan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis dan robek di beberapa bagian.

TRENDING 🔥  Cara Buat Mac N Cheese Sederhana

7. Panggang Roti India

Panaskan penggorengan atau teflon menggunakan api kecil. Masukkan adonan roti India dan panggang hingga kedua sisi roti berwarna kecoklatan. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang lain.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Tepung Terigu yang Digunakan Bisa Dipilih Sembarangan?

Tidak, Sobat Sederhana harus memilih tepung terigu yang tepat. Pilih tepung terigu yang bagus untuk roti, tidak untuk kue. Tepung terigu yang bagus untuk roti memiliki kandungan gluten yang cukup tinggi.

2. Mengapa Adonan Roti India Harus Diamkan Selama 15 Menit?

Adonan harus didiamkan selama 15 menit agar adonan mengembang dan menjadi lebih elastis. Hal ini memudahkan Sobat Sederhana ketika ingin menggiling adonan dan membentuknya.

3. Apakah Ada Tanda-tanda Adonan Roti India Sudah Matang?

Ya, ada. Ketika roti India sudah berwarna kecoklatan dan membentuk gelembung, itu artinya roti sudah matang dan siap untuk disajikan.

4. Bisakah Adonan Roti India Dibekukan?

Ya, Sobat Sederhana bisa membekukan adonan roti India setelah di bagi dan dibentuk. Simpan adonan dalam wadah kedap udara dan simpan di freezer. Ketika akan digunakan, angkat adonan dan tunggu hingga suhu ruang sebelum digiling dan dipanggang.

5. Apakah Minyak Sayur Bisa Diganti dengan Minyak yang Lain?

Ya, Sobat Sederhana bisa mengganti minyak sayur dengan minyak yang lain. Namun, pastikan minyak yang digunakan tidak berbau dan berwarna terlalu gelap.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat roti India sederhana yang lezat. Jangan lupa untuk mencoba sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Roti India Sederhana