Cara Membuat Roller Blind Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat roller blind sederhana untuk dekorasi rumahmu. Roller blind adalah tirai yang terbuat dari kain atau plastik yang bisa digulung dan digunakan sebagai penyekat cahaya di rumah atau kantor.

1. Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat roller blind. Berikut ini adalah daftar bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Kain Roller Blind
Gunting
Roda Roller Blind
Penggaris
Chain/ Tali
Jarum
Perekat Velcro
Benang Jahit
Besi Penyangga
Pensil
Kawat/ Rangka Roller Blind
Staples

Pastikan Sobat Sederhana telah mempersiapkan semua bahan dan alat sebelum memulai proses pembuatan roller blind.

2. Mengukur Ukuran Roller Blind

Setelah mempersiapkan bahan dan alat, langkah berikutnya adalah mengukur ukuran roller blind yang akan dibuat. Ukur lebar jendela dan tambahkan 10 cm pada setiap sisinya untuk menghitung lebar kain. Sedangkan untuk panjang kain, sesuaikan dengan panjang jendela dan tambahkan 30 cm supaya bisa dipotong dan dijahit nantinya. Setelah itu, tandai garis pemotongan dan gunting kain sesuai ukuran yang diukur.

3. Menjahit Kain Roller Blind

Setelah kain telah dipotong sesuai ukuran, langkah selanjutnya adalah menjahit kain roller blind. Jahit bagian samping kain terlebih dahulu dengan benang jahit. Setelah itu, jahit bagian bawah kain dan terakhir jahit bagian atas kain. Pastikan benang jahit yang dipakai kuat dan rapi.

4. Memasang Roda Roller Blind

Setelah kain sudah dijahit, langkah selanjutnya adalah memasang roda roller blind. Ukur lebar kain roller blind dan tinggi roda roller blind yang sudah disiapkan. Setelah itu, pasangkan roda roller blind pada kain dengan menggunakan staples dan pastikan roda roller blind terpasang dengan kuat pada kain roller blind.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Sederhana Kukus

5. Memasang Chain/ Tali pada Roller Blind

Setelah roda roller blind terpasang pada kain roller blind, langkah selanjutnya adalah memasang chain/ tali pada roller blind. Lubangi kain roller blind sesuai dengan lebar chain/ tali dan gunakan jarum untuk memasukkan chain/ tali pada kain roller blind. Setelah itu, pasangkan chain/ tali pada roda roller blind dan pastikan terpasang dengan kuat.

6. Memasang Penyangga pada Roller Blind

Setelah chain/ tali terpasang pada roller blind, langkah selanjutnya adalah memasang penyangga pada roller blind. Ukur lebar kain roller blind dan pasang besi penyangga pada kain roller blind menggunakan perekat velcro. Pastikan besi penyangga terpasang dengan kuat dan rapi pada kain roller blind.

7. Memasang Kawat/ Rangka Roller Blind

Jika Sobat Sederhana ingin memberi bingkai pada roller blind, langkah selanjutnya adalah memasang kawat/ rangka roller blind. Ukur lebar kain roller blind dan pasang kawat/ rangka roller blind pada kain roller blind menggunakan staples atau lem. Pastikan kawat/ rangka roller blind terpasang dengan kuat dan rapi pada kain roller blind.

8. Memasang Roller Blind pada Jendela

Setelah roller blind selesai dibuat, langkah terakhir adalah memasang roller blind pada jendela. Pasangkan roller blind pada jendela dengan menggunakan perekat velcro atau bracket yang sudah disediakan. Pastikan roller blind terpasang dengan kuat dan rapi pada jendela.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat roller blind?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat roller blind tergantung pada kemampuan dan pengalaman Sobat Sederhana dalam menjahit. Namun, secara umum roller blind bisa dibuat dalam waktu kurang lebih 1-2 jam.

TRENDING 🔥  Cara Rayakan Ulang Tahun Sederhana di Panti Asuhan

2. Apakah kain roller blind mudah dibersihkan?

Kain roller blind bisa dibersihkan dengan kain lembab atau diseka menggunakan vakum cleaner. Namun, jika kain roller blind terlalu kotor bisa dicuci dengan deterjen dan digantung pada gantungan baju untuk dikeringkan.

3. Bagaimana cara memasang roller blind pada jendela?

Roller blind bisa dipasang pada jendela dengan menggunakan perekat velcro atau bracket yang sudah disediakan. Pastikan roller blind terpasang dengan kuat dan rapi pada jendela.

4. Apakah roller blind bisa digunakan pada semua jenis jendela?

Roller blind bisa digunakan pada semua jenis jendela. Namun, pastikan Sobat Sederhana telah mengukur ukuran jendela dengan tepat sebelum membuat roller blind.

5. Apa saja jenis kain yang bisa digunakan untuk membuat roller blind?

Beberapa jenis kain yang bisa digunakan untuk membuat roller blind antara lain linen, polyester, dan blackout. Pilihlah kain yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Sederhana.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Roller Blind Sederhana Untuk Sobat Sederhana