Cara Membuat Rendang Ayam Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat rendang ayam sederhana. Rendang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang begitu terkenal hingga ke mancanegara. Meskipun memiliki bahan utama yang sama dengan rendang daging, namun membuat rendang ayam lebih cepat dan mudah. Yuk simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat rendang ayam, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Ayam potong
1 ekor
Santan kental
500 ml
Santan encer
250 ml
Bawang merah
10 butir
Bawang putih
5 siung
Cabe merah
10 buah
Cabe rawit
5 buah
Kunyit
2 ruas jari
Jahe
1 ruas jari
Lengkuas
2 ruas jari
Daun salam
2 lembar
Sereh
2 batang
Garam
secukupnya
Gula merah
secukupnya
Air
secukupnya

Cara membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat rendang ayam sederhana:

1. Bersihkan ayam

Pertama-tama, bersihkan ayam dari kotoran dan bulu-bulu yang masih menempel. Setelah itu, potong ayam menjadi beberapa bagian dan cuci dengan bersih.

2. Haluskan bumbu

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kunyit, jahe, dan lengkuas dengan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan.

3. Tumis bumbu

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun salam dan sereh hingga harum. Jangan lupa untuk terus diaduk agar tidak gosong.

4. Masukkan ayam

Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu tumis. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga ayam matang.

5. Tambahkan santan

Setelah ayam matang, tambahkan santan kental dan santan encer. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan santan mengental. Tambahkan garam dan gula merah secukupnya sesuai dengan selera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana Menggunakan PHP

6. Masak hingga rendang matang sempurna

Masak rendang ayam hingga bumbu meresap dan santan mengental. Pastikan rendang matang sempurna dan kuah tidak terlalu banyak.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah rendang ayam sama dengan rendang daging?

Meskipun memiliki bahan utama yang sama, yaitu santan, bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah-rempah lainnya, namun rendang ayam lebih cepat dan mudah dibuat karena daging ayam lebih empuk dan cepat matang.

2. Apakah rendang ayam bisa disimpan di dalam kulkas?

Tentu saja bisa. Rendang ayam bisa disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Jika ingin disimpan lebih lama, rendang ayam bisa di-freeze hingga beberapa bulan.

3. Apa yang menjadi rahasia dari rendang ayam yang enak?

Rahasia dari rendang ayam yang enak adalah pada bumbu rendang yang dihaluskan dengan baik dan dimasak hingga meresap sempurna ke dalam ayam. Selain itu, gunakan santan kental yang berkualitas untuk mendapatkan rendang ayam yang lezat dan gurih.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat rendang ayam sederhana yang lezat dan gurih. Jangan ragu untuk mencoba di rumah dan nikmati rasanya bersama keluarga dan teman-teman. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Rendang Ayam Sederhana