Cara Membuat Refrigerator Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat refrigerator sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Refrigerator atau lemari es merupakan perangkat rumah tangga yang sangat penting untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar dan awet lebih lama.

Apa itu Refrigerator?

Refrigerator atau lemari es adalah perangkat rumah tangga yang digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan awet lebih lama. Refrigerator bekerja dengan mendinginkan udara di dalamnya dan menjaga suhu di dalamnya tetap stabil.

Refrigerator biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti kompresor, evaporator, kondensor, dan pendingin. Namun, kita bisa membuat refrigerator sederhana dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Berikut ini adalah cara membuat refrigerator sederhana.

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan
Keterangan
Box Styrofoam
Ukuran sedang atau besar
Alumunium Foil
1 roll
Thermometer
1 buah
Ice Pack
2 buah

Untuk membuat refrigerator sederhana ini, kamu akan membutuhkan box styrofoam, alumunium foil, thermometer, dan ice pack. Box styrofoam yang digunakan bisa ukuran sedang atau besar tergantung kebutuhan kamu.

Langkah-Langkah

1. Siapkan Box Styrofoam

Pertama, siapkan box styrofoam yang akan digunakan sebagai refrigerator sederhana. Pastikan box styrofoam tersebut dalam keadaan bersih dan kering.

2. Alumunium Foil

Selanjutnya, bungkus box styrofoam dengan alumunium foil. Alumunium foil berfungsi sebagai pelindung dan menjaga suhu di dalam refrigerator sederhana tetap stabil.

3. Thermometer

Pasang thermometer di dalam refrigerator sederhana. Thermometer berfungsi untuk mengukur suhu di dalam refrigerator sederhana.

4. Ice Pack

Pasang ice pack di dalam refrigerator sederhana. Ice pack berfungsi sebagai pendingin di dalam refrigerator sederhana. Kamu bisa menggunakan ice pack yang sudah dibekukan sebelumnya atau membuat ice pack sendiri.

TRENDING 🔥  Cara Merakit Drone Sederhana

5. Tes Refrigerator Sederhana

Tes refrigerator sederhana dengan memasukkan makanan atau minuman ke dalamnya. Pastikan suhu di dalam refrigerator sederhana tetap stabil dan cocok untuk menyimpan makanan atau minuman yang kamu inginkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah refrigerator sederhana ini bisa menyimpan makanan atau minuman lebih lama?

Refrigerator sederhana ini bisa menyimpan makanan atau minuman lebih lama dibandingkan dengan menyimpan di luar box styrofoam. Namun, tidak dapat menjamin makanan atau minuman akan tetap segar dan awet dalam waktu yang lama.

2. Apakah harus menggunakan ice pack yang sudah dibekukan sebelumnya?

Tidak harus. Kamu bisa membuat ice pack sendiri dengan cara membungkus es batu dengan kain atau handuk.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat refrigerator sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat refrigerator sederhana sekitar 30-60 menit tergantung pada kesiapan alat dan bahan yang dibutuhkan.

4. Apakah refrigerator sederhana ini bisa digunakan untuk outdoor activity seperti camping?

Tentu saja. Refrigerator sederhana ini sangat cocok digunakan untuk outdoor activity seperti camping karena mudah dibawa dan digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan atau minuman.

5. Apakah kita bisa memodifikasi refrigerator sederhana ini?

Bisa. Kamu bisa memodifikasi refrigerator sederhana ini dengan menambahkan komponen lain seperti kipas untuk menjaga suhu di dalam refrigerator sederhana tetap stabil.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Refrigerator Sederhana