Cara Membuat Rangkaian Lampu Flip Flop Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat rangkaian lampu flip flop yang sederhana. Flip flop adalah rangkaian digital yang dapat menyimpan satu bit informasi. Dalam rangkaian ini, kita akan menggunakan dua lampu LED yang akan berkedip-kedip secara bergantian. Yuk, mari kita mulai!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Breadboard
LED merah
Kabel jumper
LED hijau
IC flip flop JK 7473
Resistor 220 ohm
Power supply
Kabel listrik

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rangkaian lampu flip flop sederhana:

1. Siapkan Breadboard dan Kabel Jumper

Pertama-tama, letakkan IC flip flop JK 7473 di tengah breadboard. Kemudian, hubungkan pin Vcc (pin 16) ke sumber daya positif (+) dan pin GND (pin 8) ke sumber daya negatif (-) menggunakan kabel jumper.

2. Sambungkan Resistor dan Lampu LED

Hubungkan resistor 220 ohm ke pin 1 dan pin 4 IC flip flop JK 7473. Kemudian, pasang LED merah pada pin 2 dan LED hijau pada pin 3. Pastikan posisi LED merah dan hijau bersebrangan satu sama lain.

3. Hubungkan Kabel Jumper

Hubungkan kabel jumper dari pin clock (pin 5) ke pin yang kosong di bagian atas breadboard. Kemudian, hubungkan kabel jumper dari pin reset (pin 9) ke pin yang kosong di bawah breadboard.

4. Pasang Sumber Daya

Pasang kabel listrik pada sumber daya positif (+) dan sumber daya negatif (-) di breadboard. Kemudian, nyalakan power supply dan hidupkan rangkaian.

5. Amati Hasilnya

Setelah rangkaian dinyalakan, observasi kedua lampu LED yang akan berkedip-kedip secara bergantian. Hal ini terjadi karena IC flip flop JK 7473 dapat menyimpan satu bit informasi, sehingga lampu LED akan berubah secara bergantian ketika sinyal clock diberikan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sepeda Diesel Sederhana

FAQ

1. Apakah IC flip flop JK 7473 dapat digunakan untuk mengendalikan lampu lain?

Ya, IC flip flop JK 7473 dapat digunakan untuk mengendalikan lampu atau perangkat elektronik lainnya yang memerlukan sinyal digital.

2. Berapa voltase yang diperlukan untuk menghidupkan rangkaian lampu flip flop sederhana ini?

Rangkaian ini memerlukan voltase 5V DC untuk dapat berfungsi dengan baik.

3. Apakah resistor 220 ohm wajib digunakan dalam rangkaian ini?

Ya, penggunaan resistor 220 ohm sangat penting dalam rangkaian ini untuk melindungi LED dari kerusakan akibat arus listrik yang terlalu tinggi.

Penutup

Demikianlah cara membuat rangkaian lampu flip flop sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Rangkaian Lampu Flip Flop Sederhana