Cara Membuat Ramen Sederhana dari Mie Instan

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabar kalian hari ini? Apa kalian sedang mencari resep masakan yang praktis dan enak? Jangan khawatir, kali ini saya akan berbagi cara membuat ramen sederhana dari mie instan!

Apa itu Ramen?

Sebelum kita mulai, mari kita bahas dulu apa itu ramen. Ramen adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari mie, kuah kaldu, serta bahan pendamping seperti daging, sayuran, dan telur.

Ramen biasanya dijual di restoran-restoran Jepang, namun kini semakin banyak orang yang membuat ramen di rumah karena mudah dan praktis.

Mie Instan yang Cocok untuk Membuat Ramen

Untuk membuat ramen sederhana, kalian bisa menggunakan mie instan yang dijual di supermarket atau warung. Namun, tidak semua jenis mie instan cocok untuk membuat ramen. Berikut adalah beberapa merek mie instan yang cocok untuk membuat ramen:

Merek Mie Instan
Varian Rasa
Indomie
Mi Goreng, Mi Kuah
Mie Sedaap
Goreng, Kuah
Nissin UFO
Mie Kuah

Pilihlah varian rasa mie instan yang sesuai dengan selera kalian. Untuk ramen, sebaiknya pilih varian rasa mi kuah karena akan digunakan sebagai bahan pembuatan kuah ramen.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan ramen, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramen sederhana:

  • 1 bungkus mie instan
  • 500 ml air
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 cm jahe, cincang halus
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • 2 butir telur rebus, belah dua
  • Daun bawang, iris tipis
  • Seledri, iris tipis

Langkah-Langkah Membuat Ramen Sederhana dari Mie Instan

Nah, sekarang kita masuk ke tahap pembuatan ramen sederhana dari mie instan. Ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama ya, Sobat Sederhana:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Hologram 3D Sederhana untuk Sobat Sederhana

Langkah 1: Merebus Mie Instan

Pertama-tama, rebuslah mie instan sesuai dengan instruksi yang tertera di kemasan. Setelah matang, tiriskan mie dan sisihkan.

Langkah 2: Membuat Kuah Ramen

Siapkan panci dan tumislah bawang putih dan jahe sampai harum. Tambahkan air, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, merica, dan garam. Aduk rata dan biarkan mendidih.

Sesudah itu, masukkan telur rebus yang sudah di belah dua ke dalam kuah ramen. Tunggu sebentar sampai telur dan kuah ramen tercampur dengan baik.

Langkah 3: Menambahkan Bahan Pendamping

Siapkan mangkuk saji dan letakkan mie instan yang sudah direbus di dalamnya. Tuangkan kuah ramen beserta telur rebus ke atas mie instan.

Terakhir, taburkan irisan daun bawang dan seledri di atas ramen. Ramen sederhana dari mie instan siap disajikan!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bolehkah Mengganti Bahan-Bahan Pendamping?

Tentu saja! Bahan-bahan pendamping dalam resep ini bisa diganti atau dikurangi sesuai dengan selera kalian. Misalnya, kalian bisa menambahkan daging ayam rebus atau jamur sebagai bahan pendamping.

2. Bolehkah Menggunakan Mie Instan yang Lebih Mahal?

Tentu saja boleh, namun jenis mie instan yang lebih mahal tidak menjamin rasa ramen yang lebih enak. Yang terpenting adalah kalian memilih varian rasa mi kuah yang sesuai dan merebus mie instan dengan benar.

3. Bisakah Membuat Ramen Tanpa Telur?

Tentu saja bisa! Jika kalian tidak suka telur atau sedang tidak ada telur di rumah, kalian bisa membuat ramen tanpa telur atau menggantinya dengan bahan pendamping lain seperti tahu atau daging.

4. Bisakah Membuat Kuah Ramen yang Lebih Pedas?

Bisa! Jika kalian suka makanan pedas, kalian bisa menambahkan cabai bubuk atau saus pedas ke dalam kuah ramen. Namun, jangan terlalu banyak karena bisa membuat kuah terlalu pedas dan tidak enak.

TRENDING 🔥  Cara Menggabungkan Foto Sederhana

Kesimpulan

Sekian resep cara membuat ramen sederhana dari mie instan yang bisa saya bagikan kepada Sobat Sederhana. Selamat mencoba di rumah ya! Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yang suka masak.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Ramen Sederhana dari Mie Instan