Cara Membuat Rakit Apung Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat rakit apung sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Rakit apung adalah alat yang digunakan untuk berlayar di atas air dengan bantuan benda apung seperti tong atau botol bekas. Rakit apung ini bisa kamu manfaatkan untuk bermain dengan keluarga atau teman-temanmu di danau atau sungai terdekat. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat rakit apung, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar bahan dan alat yang harus kamu persiapkan:

Bahan
Alat
Kayu
Gergaji
Tong bekas
Bor
Tali rafia
Sekrup
Paku
Palu

Persiapkan semua bahan dan alat tersebut sebelum mulai membuat rakit apung.

Bahan-bahan

Kayu adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat rakit apung. Kamu bisa menggunakan kayu yang sudah tidak terpakai atau membelinya di toko bangunan terdekat. Selain kayu, kamu juga membutuhkan tong bekas sebagai benda apung. Tali rafia digunakan untuk mengikat kayu dan tong, sedangkan paku dan sekrup digunakan untuk mengikat dan menahan kayu.

Alat-alat

Untuk memotong kayu, kamu membutuhkan gergaji. Sedangkan untuk membuat lubang di tong, kamu membutuhkan bor. Untuk mengikat kayu dan tong, kamu membutuhkan tali rafia. Paku dan sekrup digunakan untuk mengikat dan menahan kayu. Terakhir, kamu membutuhkan palu untuk menancapkan paku.

Langkah-langkah Membuat Rakit Apung Sederhana

Setelah kamu menyiapkan semua bahan dan alat, kamu bisa mulai membuat rakit apung sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Potong Kayu

Potong kayu menjadi tiga bagian dengan ukuran yang sama. Kamu bisa menggunakan gergaji untuk memotong kayu. Pastikan ukuran kayu yang kamu potong sesuai dengan panjang tong bekas yang kamu miliki.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Peniris Minyak Sederhana

2. Lubangi Tong Bekas

Lubangi tong bekas menggunakan bor di bagian tengahnya. Lubang tersebut nantinya digunakan untuk mengikat kayu dengan tali rafia. Pastikan lubang yang kamu buat cukup besar untuk menampung tali rafia.

3. Susun Kayu di Atas Tong Bekas

Susun kayu di atas tong bekas dengan jarak yang sama. Kamu bisa menggunakan tali rafia untuk mengikat kayu dengan tong bekas. Pastikan kayu terikat dengan kuat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

4. Palu Paku di Kayu dan Tong Bekas

Palu paku di bagian pinggir kayu dan tong bekas pada setiap titik susunan kayu. Pastikan paku menancap dengan kuat dan tidak mudah lepas.

5. Tambahkan Pegangan di Rakit Apung

Untuk menambahkan pegangan, kamu bisa menambahkan dua atau tiga batang kayu pada salah satu sisi rakit apung. Pastikan kayu tersebut terikat dengan kuat dan tidak mudah lepas.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa ukuran kayu yang dibutuhkan untuk membuat rakit apung?

Kamu bisa menggunakan kayu dengan ukuran yang sama seperti 2×10 cm, 2×8 cm atau 2×6 cm. Namun, pastikan ukuran kayu yang kamu gunakan sesuai dengan panjang tong bekas yang kamu miliki.

2. Bagaimana cara mengikat kayu dan tong bekas?

Kamu bisa mengikat kayu dan tong bekas menggunakan tali rafia. Caranya adalah dengan menarik tali rafia dari bawah kayu, menyeberang ke tengah tong bekas, lalu menarik ke atas kayu yang di bawahnya. Ulangi proses ini hingga semua kayu terikat dengan kuat pada tong bekas.

3. Apa fungsi lubang di tengah tong bekas?

Lubang di tengah tong bekas digunakan untuk mengikat kayu dengan tali rafia. Pastikan lubang yang kamu buat cukup besar untuk menampung tali rafia.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue yang Sederhana untuk Sobat Sederhana

4. Apa bahan benda apung selain tong bekas yang bisa digunakan?

Selain tong bekas, kamu bisa menggunakan botol bekas untuk benda apung. Namun, pastikan botol bekas tersebut cukup besar dan kuat untuk menopang rakit apung yang kamu buat.

5. Apa yang harus dilakukan jika rakit apung bocor?

Jika rakit apung bocor, kamu bisa menambalnya menggunakan bahan yang tahan air seperti plester atau lem tembak. Pastikan rakit apung sudah kering sebelum digunakan kembali.

Penutup

Itulah tadi cara membuat rakit apung sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu bisa membuat rakit apung yang aman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu memakai pelampung dan menghindari berlayar di perairan yang berbahaya ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Rakit Apung Sederhana