Cara Membuat Rainbow Cake Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat rainbow cake sederhana, yang bisa kamu praktekkan di rumah sendiri. Rainbow cake adalah kue yang cantik dengan lapisan-lapisan warna yang berbeda, sangat cocok untuk dijadikan sebagai kue ulang tahun atau untuk acara-acara tertentu.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rainbow cake:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
200 gram
Unsalted butter
200 gram
Susu cair
100 ml
Putih telur
5 buah
Essence vanilla
1 sendok teh
Pewarna makanan
merah, kuning, hijau, biru, ungu
Perisa moka (opsional)
1 sendok teh

Cara membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rainbow cake:

1. Siapkan bahan-bahan

Pastikan semua bahan-bahan sudah tersedia dan dalam keadaan suhu ruang. Pastikan juga oven sudah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celsius.

2. Kocok gula dan butter

Kocok gula dan butter dengan mixer hingga lembut dan putih. Tambahkan essence vanilla dan perisa moka jika menggunakan. Kocok lagi hingga rata.

3. Tambahkan tepung sambil diayak

Tambahkan tepung sedikit-sedikit sambil diayak dan aduk rata. Tambahkan susu cair dan aduk lagi hingga rata.

4. Kocok putih telur

Kocok putih telur dengan mixer hingga kaku. Campurkan putih telur ke dalam adonan tepung sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula. Aduk hingga rata.

5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan

Bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama banyaknya. Beri pewarna makanan pada masing-masing adonan sampai warna mengkilat dan tercampur rata.

6. Panggang adonan lapisan hingga matang

Olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung. Tuangkan adonan pertama dan ratakan permukaannya. Panggang di dalam oven selama 15-20 menit atau hingga matang. Lakukan hal yang sama untuk adonan berikutnya dengan urutan warna yang berbeda.

TRENDING 🔥  Cara Manipulasi Foto di Photoshop Sederhana

7. Setelah matang, dinginkan

Keluarkan rainbow cake dari oven dan diamkan hingga dingin. Keluarkan dari loyang dan potong-potong sesuai dengan selera.

FAQ

1. Bisakah rainbow cake dibuat tanpa oven?

Rainbow cake memang dirancang untuk dipanggang di dalam oven, namun jika kamu tidak memiliki oven, kamu bisa mencoba membuat rainbow cake kukus. Caranya hampir sama, hanya saja adonan tidak dipanggang tetapi dikukus selama 30-40 menit.

2. Bisakah menggunakan pewarna alami?

Tentu saja bisa. Kamu bisa mencoba menggunakan pewarna alami seperti jus sayuran atau buah-buahan. Namun, warna hasil akhir mungkin tidak akan secerah pewarna makanan buatan.

3. Apakah bisa membuat rainbow cake tanpa perisa moka?

Tentu saja bisa. Perisa moka hanya bersifat opsional dan bisa diabaikan jika kamu tidak menyukainya.

4. Bagaimana cara menyimpan rainbow cake?

Untuk menjaga kelezatan dan kelembaban rainbow cake, sebaiknya disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup. Rainbow cake bisa bertahan hingga 3-4 hari.

5. Bisakah menggunakan margarin?

Bisa, namun sebaiknya gunakan unsalted butter untuk hasil yang lebih maksimal.

Penutup

Itulah cara membuat rainbow cake sederhana yang bisa kamu praktekkan di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman kamu. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Rainbow Cake Sederhana