Cara Membuat Pukis Mini Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat pukis mini sederhana. Pukis mini adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, santan, telur, dan gula. Pukis mini memiliki rasa yang manis dan lembut di dalamnya, sehingga cocok disantap sebagai camilan atau jajanan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Untuk membuat pukis mini sederhana, Sobat Sederhana akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung Terigu
250 gram
Santan
250 ml
Gula Pasir
125 gram
Telur
2 butir
Baking Soda
1/2 sendok teh
Vanili
1/2 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Pewarna Makanan
Sesuai selera

Cara membuat pukis mini sederhana:

Berikut langkah-langkah membuat pukis mini sederhana:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pukis mini sederhana.

2. Campurkan bahan kering

Setelah itu, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking soda, vanili, dan garam. Aduk rata, lalu sisihkan.

3. Campurkan bahan basah

Selanjutnya, campurkan santan dan telur dalam mangkuk terpisah. Aduk hingga rata, lalu tuangkan ke dalam campuran tepung terigu tadi. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan dan adonan tercampur homogen.

4. Tambahkan pewarna makanan

Jika ingin memberikan warna pada pukis mini, tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera. Aduk rata hingga warna tercampur merata dalam adonan.

5. Panaskan cetakan pukis

Panaskan cetakan pukis mini di atas api kecil. Jangan lupa olesi cetakan dengan sedikit minyak atau mentega agar adonan tidak lengket.

6. Tuang adonan ke dalam cetakan

Tuang adonan ke dalam cetakan pukis mini hingga setengah cetakan terisi. Tutup cetakan dan biarkan adonan matang selama 3-5 menit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim Rumah Sederhana

7. Balikkan cetakan

Balikkan cetakan pukis mini dan biarkan matang hingga kedua sisi pukis berwarna kecoklatan dan matang secara merata.

8. Angkat dan sajikan

Setelah matang, angkat pukis mini dari cetakan dan letakkan di atas piring saji. Pukis mini siap disajikan sebagai camilan atau jajanan.

FAQ

1. Apa itu pukis mini?

Pukis mini adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, santan, telur, dan gula. Pukis mini memiliki rasa yang manis dan lembut di dalamnya, sehingga cocok disantap sebagai camilan atau jajanan.

2. Bagaimana cara membuat pukis mini yang lembut?

Untuk membuat pukis mini yang lembut, tambahkan santan dan telur dalam adonan. Aduk rata hingga adonan tidak ada gumpalan dan adonan tercampur homogen. Panaskan cetakan pukis mini di atas api kecil dan olesi cetakan dengan sedikit minyak atau mentega agar adonan tidak lengket. Tuang adonan ke dalam cetakan pukis mini hingga setengah cetakan terisi dan tutup cetakan. Biarkan adonan matang selama 3-5 menit, lalu balikkan cetakan dan biarkan matang hingga kedua sisi pukis berwarna kecoklatan dan matang secara merata.

3. Bisakah pukis mini dijadikan usaha dagang?

Tentu saja! Pukis mini adalah makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Anda dapat menjual pukis mini dengan harga yang terjangkau dan memperoleh keuntungan yang lumayan. Untuk membuat pukis mini yang enak dan lezat, pastikan bahan-bahan yang digunakan selalu dalam kondisi segar dan berkualitas baik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Pukis Mini Sederhana