Cara Membuat Program Kasir Sederhana dengan C++

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan ini saya akan membahas cara membuat program kasir sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ yang mudah dipahami. Program kasir sederhana ini cocok bagi pemilik usaha kecil maupun mahasiswa yang ingin belajar pemrograman. Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pendahuluan

Sebelum memulai membuat program kasir sederhana, ada beberapa hal yang perlu Sobat Sederhana ketahui terlebih dahulu. Pertama, C++ adalah bahasa pemrograman yang dianggap sulit bagi pemula, namun dengan tekun dan konsisten, Sobat Sederhana pasti bisa menguasainya.

Kedua, program kasir sederhana merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di berbagai jenis usaha, seperti minimarket, toko buku, restoran, dan lain sebagainya. Dengan membuat program kasir sederhana, Sobat Sederhana dapat mengoptimalkan proses transaksi dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Langkah-langkah Membuat Program Kasir Sederhana dengan C++

1. Planning

Sebelum memulai membuat program kasir sederhana, pertama-tama Sobat Sederhana harus merencanakan terlebih dahulu fitur apa saja yang akan disertakan dalam program kasir tersebut. Beberapa fitur yang umumnya terdapat dalam program kasir antara lain:

  1. Menghitung total harga barang
  2. Menampilkan daftar barang yang dijual
  3. Menampilkan jumlah barang yang dibeli
  4. Menampilkan jumlah uang yang harus dibayar
  5. Menampilkan kembalian

Setelah merencanakan fitur-fitur tersebut, Sobat Sederhana juga harus memikirkan desain tampilan program kasir sederhana agar mudah dipahami oleh pengguna.

2. Menentukan Variabel dan Tipe Data

Setelah melakukan perencanaan, langkah selanjutnya adalah menentukan variabel dan tipe data yang digunakan dalam program kasir sederhana. Beberapa variabel yang umumnya digunakan dalam program kasir antara lain:

  • nama_barang, tipe data: string
  • jumlah_barang, tipe data: int
  • harga_barang, tipe data: int
  • total_harga_barang, tipe data: int
  • uang_pembeli, tipe data: int
  • kembalian, tipe data: int
TRENDING 🔥  Contoh Opini Sederhana dan Cara Membuatnya untuk Sobat Sederhana

3. Input Data

Setelah menentukan variabel dan tipe data, langkah selanjutnya adalah menginput data. Sobat Sederhana dapat menggunakan fungsi cin untuk menginput data dari pengguna. Contohnya seperti berikut:

Variabel
Keterangan
cin >> nama_barang
input nama barang yang dibeli
cin >> jumlah_barang
input jumlah barang yang dibeli
cin >> harga_barang
input harga barang
cin >> uang_pembeli
input uang pembeli

4. Proses Data

Setelah data diinput, langkah selanjutnya adalah melakukan proses data. Dalam program kasir sederhana, proses data yang dilakukan antara lain menghitung total harga barang, menghitung kembalian, dan menampilkan struk belanja. Contohnya seperti berikut:

Kode
Keterangan
total_harga_barang = jumlah_barang * harga_barang;
menghitung total harga barang
kembalian = uang_pembeli – total_harga_barang;
menghitung kembalian
cout << "Nama Barang : " << nama_barang << endl;
menampilkan nama barang
cout << "Jumlah Barang : " << jumlah_barang << endl;
menampilkan jumlah barang
cout << "Harga Barang : " << harga_barang << endl;
menampilkan harga barang
cout << "Total Harga Barang : " << total_harga_barang << endl;
menampilkan total harga barang
cout << "Uang Pembeli : " << uang_pembeli << endl;
menampilkan uang pembeli
cout << "Kembalian : " << kembalian << endl;
menampilkan kembalian

5. Output Data

Setelah data diolah, langkah terakhir adalah menampilkan hasil data. Dalam program kasir sederhana, hasil data yang ditampilkan antara lain nama barang, jumlah barang, harga barang, total harga barang, uang pembeli, dan kembalian. Contohnya seperti berikut:

“Nama Barang : Minuman Coca Cola”

“Jumlah Barang : 3”

“Harga Barang : 5000”

“Total Harga Barang : 15000”

“Uang Pembeli : 20000”

“Kembalian : 5000”

FAQ

1. Apa itu program kasir sederhana?

Program kasir sederhana adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk mengoptimalkan proses transaksi dan meningkatkan efisiensi bisnis dalam suatu usaha. Program kasir sederhana umumnya digunakan di berbagai jenis usaha, seperti minimarket, toko buku, restoran, dan lain sebagainya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pempek Sederhana Tanpa Ikan untuk Sobat Sederhana

2. Apa keuntungan menggunakan program kasir sederhana?

Dengan menggunakan program kasir sederhana, pemilik usaha dapat mengoptimalkan proses transaksi dan meningkatkan efisiensi bisnis. Selain itu, program kasir sederhana juga dapat meminimalisir kesalahan dalam penghitungan dan menghemat waktu dan tenaga.

3. Apa bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program kasir sederhana?

Salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program kasir sederhana adalah C++. C++ adalah bahasa pemrograman yang dianggap sulit bagi pemula, namun dengan tekun dan konsisten, pemula dapat menguasainya.

Kesimpulan

Demikianlah tutorial cara membuat program kasir sederhana dengan C++. Dengan mengikuti tutorial ini, Sobat Sederhana dapat membuat program kasir sederhana dengan mudah dan efisien.

Ingat untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan dalam pemrograman sehingga dapat lebih mahir dan terampil dalam mengembangkan program-program lainnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Program Kasir Sederhana dengan C++