Cara Membuat Program Aplikasi Pembelian Sederhana Menggunakan Java

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat program aplikasi pembelian sederhana menggunakan bahasa pemrograman Java. Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh pengembang aplikasi karena memiliki banyak kelebihan seperti portabilitas, keamanan, dan kemudahan dalam pengembangan.

Pendahuluan

Sebelum kita memulai tutorial ini, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Pertama, pastikan bahwa kita sudah memiliki Java Development Kit (JDK) dan Integrated Development Environment (IDE) seperti Eclipse atau Netbeans. Kedua, kita harus memiliki pengetahuan dasar tentang pemrograman Java dan pengetahuan dasar tentang konsep dasar pemrograman seperti variabel, tipe data, dan operasi dasar.

Jangan khawatir jika kita masih pemula, tutorial ini akan membantu kita memahami konsep dasar pemrograman Java dan membantu kita membangun aplikasi sederhana.

Langkah-langkah Membuat Program Aplikasi Pembelian Sederhana

1. Membuat Proyek Baru di Eclipse

Pertama, buka Eclipse dan buat proyek baru dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1
Buka Eclipse dan pilih “File” -> “New” -> “Java Project”.
Langkah 2
Beri nama proyek kita dengan “PembelianSederhana”.
Langkah 3
Pilih JDK yang kita gunakan untuk proyek ini.
Langkah 4
Klik “Finish” untuk membuat proyek baru.

2. Membuat Class Main

Setelah membuat proyek baru, kita akan membuat class utama dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1
Buat package baru dengan mengklik kanan pada proyek dan pilih “New” -> “Package”.
Langkah 2
Beri nama package dengan “com.belajarjava.pembeliansederhana”.
Langkah 3
Buat class baru dengan mengklik kanan pada package dan pilih “New” -> “Class”.
Langkah 4
Beri nama class dengan “Main”.

Setelah membuat class Main, kita akan menambahkan kode dasar untuk menjalankan aplikasi. Kita akan menambahkan kode berikut ini:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tas Macrame Sederhana untuk Pemula

public static void main(String[] args) {System.out.println("Hello World!");}

Code ini akan mencetak “Hello World!” di konsol ketika aplikasi dijalankan.

3. Membuat Class Barang

Setiap aplikasi pembelian pasti akan memiliki barang yang akan dijual. Oleh karena itu, kita akan membuat class Barang untuk menyimpan informasi tentang barang yang akan dijual. Berikut langkah-langkah untuk membuat class Barang:

Langkah 1
Buat class baru dengan mengklik kanan pada package dan pilih “New” -> “Class”.
Langkah 2
Beri nama class dengan “Barang”.
Langkah 3
Tambahkan variabel untuk menyimpan informasi tentang barang seperti nama, harga, dan jumlah.

Berikut contoh kode untuk class Barang:

public class Barang {
    private String nama;
    private int harga;
    private int jumlah;

    public Barang(String nama, int harga, int jumlah) {
        this.nama = nama;
        this.harga = harga;
        this.jumlah = jumlah;
    }
}

4. Membuat Class Penjualan

Setelah kita membuat class Barang, selanjutnya kita akan membuat class Penjualan untuk menyimpan informasi tentang barang yang akan dijual dan melakukan operasi penjualan. Berikut langkah-langkah untuk membuat class Penjualan:

Langkah 1
Buat class baru dengan mengklik kanan pada package dan pilih “New” -> “Class”.
Langkah 2
Beri nama class dengan “Penjualan”.
Langkah 3
Tambahkan variabel untuk menyimpan informasi tentang barang yang akan dijual.
Langkah 4
Tambahkan method untuk menambahkan barang ke dalam daftar penjualan, menghapus barang dari daftar penjualan, dan melakukan operasi penjualan.

Berikut contoh kode untuk class Penjualan:

public class Penjualan {
    private ArrayList<Barang> daftarBarang;

    public Penjualan() {
        daftarBarang = new ArrayList<Barang>();
    }

    public void tambahBarang(Barang barang) {
        daftarBarang.add(barang);
    }

    public void hapusBarang(int index) {
        daftarBarang.remove(index);
    }

    public int getTotalHarga() {
        int totalHarga = 0;
        for (Barang barang : daftarBarang) {
            totalHarga += barang.getHarga() * barang.getJumlah();
        }
        return totalHarga;
    }

    public void cetakPenjualan() {
        System.out.println("Penjualan");
        System.out.println("===================================");
        for (int i = 0; i < daftarBarang.size(); i++) {
            System.out.println(daftarBarang.get(i).getNama() + " - " + daftarBarang.get(i).getHarga() + " - " + daftarBarang.get(i).getJumlah());
        }
        System.out.println("===================================");
        System.out.println("Total : " + getTotalHarga());
    }
}

5. Membuat User Interface

Setelah kita membuat class untuk menyimpan informasi tentang barang dan melakukan operasi penjualan, selanjutnya kita akan membuat user interface. Kita akan menggunakan Java Swing untuk membuat user interface.

Kita akan membuat user interface dengan komponen-komponen berikut:

  • JLabel untuk teks “Nama Barang”
  • JTextField untuk memasukkan nama barang
  • JLabel untuk teks “Harga Barang”
  • JTextField untuk memasukkan harga barang
  • JLabel untuk teks “Jumlah Barang”
  • JTextField untuk memasukkan jumlah barang
  • JButton untuk menambahkan barang ke dalam daftar penjualan
  • JButton untuk menghapus barang dari daftar penjualan
  • JTable untuk menampilkan daftar penjualan
  • JLabel untuk menampilkan total harga
  • JButton untuk melakukan operasi penjualan

Berikut contoh kode untuk membuat user interface:

public class AplikasiPenjualan extends JFrame {
    private static final long serialVersionUID = 1L;

    private JPanel panel;
    private JLabel labelNamaBarang;
    private JTextField txtNamaBarang;
    private JLabel labelHargaBarang;
    private JTextField txtHargaBarang;
    private JLabel labelJumlahBarang;
    private JTextField txtJumlahBarang;
    private JButton btnTambah;
    private JButton btnHapus;
    private JTable tablePenjualan;
    private DefaultTableModel tableModel;
    private JLabel labelTotalHarga;
    private JButton btnBayar;

    public AplikasiPenjualan() {
        super("Aplikasi Penjualan");

        panel = new JPanel(new GridBagLayout());
        GridBagConstraints constraints = new GridBagConstraints();
        constraints.anchor = GridBagConstraints.WEST;
        constraints.insets = new Insets(5,5,5,5);

        labelNamaBarang = new JLabel("Nama Barang");
        constraints.gridx = 0;
        constraints.gridy = 0;
        panel.add(labelNamaBarang, constraints);

        txtNamaBarang = new JTextField(20);
        constraints.gridx = 1;
        constraints.gridy = 0;
        panel.add(txtNamaBarang, constraints);

        labelHargaBarang = new JLabel("Harga Barang");
        constraints.gridx = 0;
        constraints.gridy = 1;
        panel.add(labelHargaBarang, constraints);

        txtHargaBarang = new JTextField(20);
        constraints.gridx = 1;
        constraints.gridy = 1;
        panel.add(txtHargaBarang, constraints);

        labelJumlahBarang = new JLabel("Jumlah Barang");
        constraints.gridx = 0;
        constraints.gridy = 2;
        panel.add(labelJumlahBarang, constraints);

        txtJumlahBarang = new JTextField(20);
        constraints.gridx = 1;
        constraints.gridy = 2;
        panel.add(txtJumlahBarang, constraints);

        btnTambah = new JButton("Tambah");
        constraints.gridx = 0;
        constraints.gridy = 3;
        constraints.gridwidth = 2;
        panel.add(btnTambah, constraints);

        btnHapus = new JButton("Hapus");
        constraints.gridx = 0;
        constraints.gridy = 4;
        constraints.gridwidth = 2;
        panel.add

Cara Membuat Program Aplikasi Pembelian Sederhana Menggunakan Java