Cara Membuat Power Supply HP Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Di artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat power supply HP sederhana. Power supply atau sumber daya listrik adalah salah satu komponen penting dalam membuat berbagai jenis perangkat elektronik. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara membuat power supply HP sederhana yang dapat digunakan untuk berbagai jenis HP. Mari kita mulai!

Apa itu Power Supply HP?

Sebelum kita mulai, mari kita cari tahu apa itu Power Supply HP. Power supply HP adalah sumber daya listrik yang digunakan untuk mengisi ulang daya baterai HP Anda. Dalam hal ini, kita akan membahas cara membuat power supply HP eksternal sederhana yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengisi daya HP Anda.

Sebelum lanjut ke proses pembuatan Power Supply HP sederhana, pastikan Anda memahami bahaya listrik dan memastikan keselamatan Anda selama proses pembuatan.

Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang Anda butuhkan adalah:

Alat
Bahan
Solder
Transformator 220V-12V
Timah
Diode IN4007
Gun
Capasitor Elektrolit 1000uF/25V
Pisau
Regulator Tegangan LM317
Obeng
Resistor 220 Ohm

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah 1: Persiapan

Pertama, persiapkan semua alat dan bahan yang Anda butuhkan. Pastikan Anda memiliki alat-alat yang telah disebutkan sebelumnya.

Langkah 2: Memasang Diode

Langkah selanjutnya adalah memasang diode IN4007 pada transformator. Pertama, lihat di bagian belakang transformator dimana letak kabel input dan outputnya. Lalu, pasang 4 diode IN4007 pada kabel outputnya, serta tambahkan resistor 220 Ohm pada kabel keluaran diode.

Langkah 3: Memasang Capacitor

Selanjutnya, pasang capacitor elektrolit 1000uF/25V pada kabel output diode. Pastikan Anda melakukan pengecekan polaritas capacitor sebelum dipasang pada kabel output.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Radio Online Sederhana

Langkah 4: Memasang Regulator Tegangan

Jika langkah sebelumnya sudah selesai, maka pasang regulator tegangan LM317 pada kabel output capacitor elektrolit. Pastikan kaki regulator tegangan sesuai dengan rangkaian yang telah Anda buat.

Langkah 5: Merakit Power Supply

Setelah semua komponen terpasang dengan benar, saatnya untuk merakit power supply. Pastikan semua kabel sudah terhubung dan terpasang dengan benar. Pastikan juga bahwa solder pada setiap titik sudah cukup kuat dan tidak mudah putus.

FAQ

1. Apakah power supply HP eksternal dapat digunakan untuk semua jenis HP?

Power supply HP eksternal dapat digunakan untuk sebagian besar jenis HP, namun pastikan Anda memeriksa spesifikasi kabel input HP Anda sebelum menggunakannya.

2. Apakah bahaya listrik saat pembuatan power supply HP sederhana?

Ya, bahaya listrik sangat besar selama proses pembuatan power supply ini. Pastikan Anda mengikuti instruksi dengan hati-hati dan memastikan keselamatan Anda selama proses pembuatan.

3. Apakah power supply HP sederhana dapat mengecas baterai HP dengan cepat?

Tergantung pada spesifikasi dari masing-masing HP. Namun, power supply HP sederhana ini dapat mengisi ulang daya baterai HP Anda dengan cukup baik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat power supply HP sederhana. Dengan mengikuti instruksi ini, Anda dapat membuat power supply HP eksternal sederhana dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati selama proses pembuatan dan pastikan keselamatan Anda selalu terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Power Supply HP Sederhana