Cara Membuat Power Mini Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari cara membuat power mini sederhana? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat power mini sederhana agar kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Apa itu Power Mini?

Sebelum kita membahas cara membuat power mini sederhana, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu power mini. Power mini merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai sumber daya listrik portabel kecil yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, atau laptop.

Power mini biasanya sangat berguna untuk digunakan saat melakukan perjalanan atau ketika kamu berada di tempat yang tidak memiliki sumber daya listrik yang cukup. Oleh karena itu, power mini menjadi solusi yang tepat untuk menghindari kehabisan baterai di saat-saat penting.

2. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat power mini, pastikan kamu sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut:

Alat
Bahan
Solder dan kabel solder
Baterai Li-ion 3.7V
Lem tembak
PCB board
Pisau cutter
USB port
Kawat enamel
IC LM7805
Penggaris
Dioda 1N4007

3. Langkah-langkah Membuat Power Mini Sederhana

3.1. Persiapan

Langkah pertama dalam membuat power mini sederhana adalah persiapan alat dan bahan yang diperlukan seperti yang telah dijelaskan di atas. Setelah itu, siapkan PCB board dan potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan untuk power mini.

Setelah itu, potong kawat enamel menjadi dua dengan panjang yang sama. Lalu, kupas ujung kawat enamel sekitar 1 cm pada kedua ujungnya.

TRENDING 🔥  Cara Buat Es Cream Sederhana

3.2. Pemasangan IC LM7805

Pasang IC LM7805 pada PCB board menggunakan lem tembak. Solder kabel merah pada pin 3 dari IC LM7805 dan kabel hitam pada pin 2 dari IC LM7805.

Setelah itu, solder dioda 1N4007 pada PCB board di samping IC LM7805. Pastikan katode dioda menghadap ke pin 2 dari IC LM7805. Kemudian, solder seutas kawat dari ujung kabel merah menuju katode dioda, dan kawat yang satunya dari ujung kabel hitam menuju anode dioda.

3.3. Pemasangan Baterai dan USB Port

Solder USB port pada PCB board seperti pada gambar di bawah ini. Kemudian, pasang baterai Li-ion 3.7V pada PCB board dan sambungkan kabel merah dan hitam dari baterai ke PCB board sesuai dengan gambar di bawah ini.

3.4. Finishing

Terakhir, kita lakukan finishing pada power mini. Potong kawat enamel menjadi 2 lalu hubungkan kabel solder pada USB port dengan kabel enamel yang telah dipotong tadi. Setelah itu, lem USB port pada PCB board agar tidak bergeser.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah power mini sederhana bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai laptop?

Tergantung pada kapasitas baterai laptop, jika kapasitasnya kecil maka power mini sederhana bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai laptop. Namun, jika kapasitas baterai laptop besar, maka power mini sederhana mungkin tidak cukup untuk mengisi ulang baterai laptop secara penuh.

Berapa lama power mini sederhana bisa mengisi ulang baterai smartphone?

Tergantung pada kapasitas baterai smartphone, jika kapasitas baterai smartphone kecil maka power mini sederhana bisa mengisi ulang baterai smartphone dalam waktu kurang lebih 1-2 jam.

Apakah power mini sederhana bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai tablet?

Tergantung pada kapasitas baterai tablet, jika kapasitas baterai tablet kecil maka power mini sederhana bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai tablet. Namun, jika kapasitas baterai tablet besar, maka power mini sederhana mungkin tidak cukup untuk mengisi ulang baterai tablet secara penuh.

TRENDING 🔥  Cara Go Green Sederhana

5. Kesimpulan

Itulah cara membuat power mini sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat power mini sederhana yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, atau laptop. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Power Mini Sederhana untuk Sobat Sederhana