Cara Membuat Pompa Galon Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apakah Anda sering mengalami kesulitan untuk mengeluarkan air dari galon karena tidak ada pompa? Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat pompa galon sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Simak artikel ini sampai habis ya!

1. Mengetahui Fungsi dan Kebutuhan Pompa Galon

Sebelum membuat pompa galon, baiknya kita mengetahui terlebih dahulu fungsi dan kebutuhan pompa galon itu sendiri. Pompa galon berfungsi untuk mempermudah dalam mengeluarkan air dari galon, terutama pada galon yang berukuran besar dan berat. Dengan adanya pompa galon, Anda tidak perlu khawatir lagi mengeluarkan air dari galon menjadi berat dan melelahkan.

Untuk membuat pompa galon, Anda membutuhkan beberapa bahan-bahan, yaitu:

Nama Bahan
Jumlah
Pipa PVC
1 meter
Kran air
1 buah
Selang PVC
1 meter
Plat alumunium
1 buah
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
Lem PVC
Sesuai kebutuhan

2. Persiapan Membuat Pompa Galon

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda dapat memulai persiapan membuat pompa galon. Langkah pertama, siapkan pipa PVC sepanjang 50 cm dan lubangi bagian atas menggunakan bor dengan ukuran diameter 3 cm.

Setelah itu, pasang kran air pada salah satu ujung pipa PVC yang telah dilubangi tadi. Pastikan kran air tersebut bisa berfungsi dengan baik dengan cara memasangkan selang PVC pada ujung kran dan mengalirkannya ke bak cuci atau tempat lainnya.

Langkah terakhir pada tahap persiapan ini adalah memotong alumunium sesuai ukuran diameter pipa PVC yang telah dilubangi tadi. Posisikan plat alumunium tersebut pada bagian atas pipa PVC yang telah dilubangi, kemudian berikan lubang di tengah plat alumunium dengan ukuran sedikit lebih besar dari diameter pipa PVC.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengukur Kadar Oksigen dalam Air

3. Memasang Selang PVC pada Pipa PVC

Selanjutnya adalah memasang selang PVC pada pipa PVC dengan cara menempelkan lem PVC pada selang dan pipa PVC secara merata. Pastikan lem PVC tersebut kering dan melekat dengan baik untuk menghindari kebocoran atau cacat pada pompa galon yang sedang Anda buat.

4. Memasang Plat Alumunium pada Pipa PVC

Setelah selang PVC terpasang dengan baik pada pipa PVC, selanjutnya adalah memasang plat alumunium pada pipa PVC. Tempelkan lem PVC di sekeliling bagian ujung pipa PVC yang telah dipasang selang. Kemudian pasangkan plat alumunium ke pipa PVC dengan bantuan baut dan mur.

5. Memasangkan Kran Air pada Pipa PVC

Langkah terakhir adalah memasangkan kran air pada pipa PVC yang telah dipasangi plat alumunium. Pastikan kran air tersebut dapat berfungsi dengan baik dengan cara mengetesnya pada air yang mengalir dari selang PVC. Pompa galon sederhana siap digunakan!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah pompa galon sederhana dapat digunakan pada semua jenis galon?

Ya, pompa galon sederhana dapat digunakan pada semua jenis galon. Namun, pastikan diameter pipa PVC yang akan dilubangi sesuai dengan diameter tutup galon yang akan digunakan.

2. Apakah pompa galon sederhana mudah rusak?

Tidak, pompa galon sederhana terbuat dari bahan yang cukup kuat dan tahan lama jika dipakai dengan benar.

3. Apakah ada risiko air yang terkontaminasi pada penggunaan pompa galon sederhana?

Tidak, selama Anda membersihkan pompa galon sederhana secara berkala dan mengganti selang PVC secara teratur, maka risiko air terkontaminasi dapat dihindari.

4. Berapa lama umur pemakaian pompa galon sederhana?

Umur pemakaian pompa galon sederhana tergantung pada frekuensi penggunaan dan cara pemakaian. Namun, dengan perawatan yang baik, pompa galon sederhana dapat digunakan selama bertahun-tahun.

TRENDING 🔥  Cara Menanam Jagung Sederhana

5. Apakah pompa galon sederhana dapat digunakan pada galon air panas?

Tidak, pompa galon sederhana hanya dapat digunakan pada galon air dingin.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pompa Galon Sederhana